Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekad Apriyani/Fadia Naik Podium Sebelum Olimpiade Paris 2024

Kompas.com - 22/05/2024, 19:23 WIB
Egi Dinda Janviera,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menegaskan siap dan berkomitmen penuh untuk tampil dengan kemampuan terbaik menuju Olimpiade Paris 2024.

Menurut Siti Fadia, berdiri di podium akan menjadi kesuksesan bersama, bukan individual, dan meningkatkan kepercayaan diri menuju Olimpiade.

Siti Fadia mengatakan dirinya dan Apriyani Rahayu saling memberikan lecutan demi mencapai target yang diharapkan.

"Yang jelas, saya ingin merasakan (berdiri) lagi di podium bersama Kak Apri sebelum Olimpiade karena kami sudah lama tidak naik podium," kata Siti Fadia, dikutip dari Antara, Rabu (22/5/2024).

"Harapannya, itu bisa menaikkan kepercayaan diri dan pastinya bekal buat di Olimpiade nanti serta bisa buat kejutan," ujarnya.

Baca juga: PBSI Ungkap Komitmen Apriyani Rahayu Tampil di Olimpiade Paris 2024

Senada, Apriyani mengatakan dirinya bersemangat untuk menghadapi dua turnamen penting mendatang, yaitu turnamen BWF Super 750 Singapore Open dan Super 1.000 Indonesia Open pada bulan Mei dan Juni.

"Pasti (ingin podium) dan saya bersyukur Fadia ngomong seperti itu karena kami persiapannya sudah luar biasa, meng-improve diri kami, mengeluarkan yang terbaik dari diri kami saat latihan," kata Apriyani.

Kendati demikian, Apriyani/Fadia mengaku akan terus memperbaiki rotasi saat bermain dan fokus dengan situasi saat ini.

"Fadia lagi on fire banget, pun dengan saya. Kami mencoba untuk mengontrol situasi, hati, dan pikiran kami. Pokoknya pas latihan kami melakukan yang kami telah terapkan selama ini,” ujarnya.

Baca juga: Olimpiade Paris 2024: Media China Sebut Jonatan Sebagai Ancaman

Sempat ada rumor yang beredar Apriyani masih akan dipertimbangkan untuk tampil di Olimpiade Paris 2024 meski sang pemain sudah dipastikan lolos ke multievent empat tahunan itu.

Seperti diketahui, Apriyani Rahayu  mengalami cedera betis kanan yang dinilai masih perlu menjalani pemulihan. 

Akan tetapi, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Ricky Soebagdja, menegaskan Apriyani sangat berkomitmen untuk bertanding di Olimpiade. 

Terlebih, Fadia juga mengonfirmasi kondisi Apriyani sudah membaik dan siap beraksi lagi di lapangan. 

"Kak Apri perjuangannya luar biasa sekali untuk sembuh dari cedera. Dia melakukan apa saja mulai dari terapi dan lainnya, dan saya makin semangat dan mau lebih lagi setelah melihat perjuangan Kak Apri," ujar Fadia.

Baca juga: BWF Rilis Daftar Atlet Lolos Olimpiade Paris, Indonesia Punya 6 Wakil

Fadia mengatakan, Apriyani bersemangat tampil di Olimpiade meski sudah punya medali emas saat berpasangan dengan Greysia Polii. 

"Kak Apri selalu bilang mau juara, kami sama-sama saling membawa, dan Kak Apri sudah dua kali Olimpiade dan itu tidak mudah. Ini merupakan kesempatan buat Kak Apri dan saya," kata Fadia.

Baca juga: Lupakan Cedera, Apriyani Rahayu Bersiap Menuju Olimpiade Paris 2024

"Pelatih mengingatkan saya untuk berekspektasi tinggi sehingga punya tujuan, mindset-nya selalu seperti itu," tuturnya.

"Bahkan, saat latihan, Kak Apri bilang untuk percaya kalau perjuangan kami tidak akan sia-sia, dia juga berjuang untuk sembuh. Itu menjadi pacuan kami untuk bisa kembali 100 persen lagi dan jadi penyemangat," katanya.

Sebagai informasi, Olimpiade Paris 2024 akan diselenggarakan pada Minggu (26/7/2024) sampai Minggu (11/8/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com