Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fungsi Komunikasi Persuasif

Kompas.com - 12/02/2024, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

Sumber Study.com

KOMPAS.com - Komunikasi persuasif adalah komunikasi yang ditujukan untuk membujuk atau memengaruhi khalayak.

Persuasif sendiri sebenarnya banyak digunakan dalam komunikasi politik, komunikasi pemasaran, hingga komunikasi antara orangtua dengan anak.

Dilansir dari situs Study, komunikasi persuasif adalah komunikasi yang berupaya meyakinkan seseorang, untuk mengubah perilaku, keyakinan, atau nilai-nilai yang dianutnya.

Semua orang di lapisan sosial mana pun, bisa menggunakan dan menerapkan praktik komunikasi persuasif ini.

Apa fungsi komunikasi persuasif?

Baca juga: Definisi Komunikasi Persuasif

Fungsi persuasif

Menurut Desiani dan Gilar Gandana dalam buku Komunikasi dalam PAUD (2019), fungsi komunikasi persuasif yang pertama adalah fungsi kontrol.

Artinya komunikator (pengirim pesan) berusaha mengontrol komunikan (penerima pesan), agar mengikuti atau menjalani perintahnya.

Fungsi persuasif ini juga berkaitan dengan fungsi pengawasan, di mana komunikator berusaha mengawasi dan memengaruhi komunikan.

Fungsi komunikasi persuasif yang kedua adalah melindungi komunikan atau penerima pesan dari terpaan informasi yang belum valid.

Komunikator berusaha melindungi komunikan dari instruksi, informasi, atau keterangan yang belum jelas. Sehingga komunikan merasa aman di dekat komunikator.

Baca juga: Komunikasi Persuasif: Pengertian serta Tujuannya

Biasanya fungsi persuasif ini dijumpai di televisi, radio, media sosial, hingga surat kabar. Lewat fungsi ini, komunikan dapat lebih fokus dalam menyaring pesan yang diterimanya.

Fungsi komunikasi persuasif yang terakhir ialah fungsi pengetahuan. Artinya komunikasi persuasif berperan untuk meningkatkan pengetahuan juga wawasan komunikannya.

Dari fungsi ini kita bisa melihat bahwa komunikator tidak hanya berusaha mengontrol atau memengaruhi komunikannya, namun, juga berupaya untuk mengedukasi.

Semua fungsi persuasif ini sangat erat kaitannya dengan komunikasi pemasaran dan komunikasi politik.

Kesimpulannya, fungsi komunikasi persuasif adalah:

  • Fungsi kontrol
  • Fungsi perlindungan komunikan
  • Fungsi pengetahuan.

Baca juga: 5 Fungsi Komunikasi Intrapersonal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com