Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Sebuah Berita Harus Aktual? Ini Penjelasannya ....

Kompas.com - 29/01/2024, 14:00 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Setiap harinya, masyarakat membutuhkan informasi yang aktual dan penting seperti berita.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat; kabar.

Dilansir dari buku Jurnalistik Sinematografi (2021) oleh Rusman Latief, syarat umum kelengkapan berita adalah aktual, faktual, cepat, seimbang, penting, bermanfaat, lengkap, dan menarik.

Baca juga: Mengapa Berita Bersifat Faktual?

Lalu, mengapa sebuah berita harus memiliki unsur aktual? Berikut penjelasannya:

Aktual

Sebuah berita harus aktual artinya informasi yang disampaikan sedang hangat-hangatnya dibicarakan. Bukan berita basi, atau peristiwa yang telah lama sekali beredar di masyarakat.

Tapi bisa jadi peristiwa yang lama terjadi jika hangat dibicarakan lagi (viral) bisa menjadi sebuah berita.

Faktual

Faktual adalah informasi harus nyata dan dapat dibuktikan kebenarannya. Fakta bukan yang dibuat-buat atau direkayasa dari tidak ada menjadi ada. Harus merupakan segala sesuatu yang benar-benar terjadi (fakta peristiwa) atau segala sesutu yang benar-benar diucapkan (fakta pendapat) atau keduanya (fakta peristiwa dan fakta pendapat).

Baca juga: Ciri-ciri Teks Berita dan Kebahasaannya

Cepat

Disiarkan dengan cepat, tepat pada waktu yang ditentukan. Tidak menunda waktu disiarkan, karena jika telah disiarkan beritanya basi dan tidak aktual lagi. Tujuan cepat disiarkan, agar peristiwa tersebut tetap terjaga aktualitasnya.

Seimbang

Berita yang disajikan harus seimbang. Tidak memihak kepada satu pihak. Dalam istilah jurnalistik disebut cover both side.

Jika dalam berita memihak salah satu pihak akan berpotensi menimbulkan keresahan masyarakat.

Baca juga: Pengertian Narasumber dalam Berita

Penting

Berita harus berisi hal penting yang dibutuhkan oleh masyarakat. Memberikan informasi yang jelas dan tegas agar mudah dimengerti.

Laporan peristiwa yang dibutuhkan masyarakat, bukan berita asal-asalan tetapi benar-benar berita penting. Penting, berarti ada sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan atau kebutuhan masyarakat.

Bermanfaat

Bermanfaat artinya, berita yang disiarkan memberikan manfaat bagi kehidupan umat manusia, alam dan seluruh isinya. Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, kebaikan, pencerahan dan wawasan masyarakat dalam mengambil keputusan, berperilaku, dan bertindak.

Baca juga: 6 Unsur Berita dan Penjelasannya

Lengkap

Berita yang baik harus mengandung 5W+1H. Unsur tersebut wajib ada, agar berita yang disajikan tidak ada kerancuan yang dapat menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat.

Suatu peristiwa yang akan diberitakan, hendaknya terlebih dulu dilakukan evaluasi, verifikasi kelengkapan unsur-unsur beritanya.

Menarik

Menarik, artinya membangkitkan hasrat untuk memperhatikan, menyukai dan menyenangkan. Agar menarik perhatian masyarakat, berita harus mengandung sesuatu yang baru, baru terjadi, luar biasa, unik, atau bersifat pertentangan.

Selain itu, dalam menulis berita hindari menggunakan istilah-istilah teknis dan kalimat-kalimat yang monoton.

Anda bisa menyajikan berita dengan bahasa yang sederhana agar informasinya mudah dimengerti dan dipahami masyarakat.

Itulah penjelasan mengapa sebuah berita harus berisi unsur aktual.

Baca juga: 7 Contoh Teks Berita Singkat dengan Unsur 5W + 1H

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com