Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Promosi Penjualan dan Penjelasannya

Kompas.com - 26/01/2024, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Promosi penjualan adalah promosi yang diterapkan untuk meningkatkan penjualan dan permintaan.

Adapun peningkatan penjualan ini ada yang ditargetkan untuk jangka panjang, dan ada pula yang jangka pendek.

Sebutkan jenis-jenis promosi penjualan

Menurut Nova Christian dalam buku Faktor Situasional, Atmosfer Tokko, Promosi Penjualan, Motivasi Belanja Hedonik (2021), berikut jenis-jenis promosi penjualan:

Berikut penjelasan jenis-jenis promosi penjualan:

Pemberian kupon

Dikutip dari situs Indeed, kupon adalah salah satu jenis promosi penjualan yang cukup populer dan sering digunakan.

Tujuan utama pemberian kupon, yakni merangsang dan mendorong konsumen agar membeli produk atau menggunakan jasa perusahaan.

Secara garis besar, ada kupon yang dibatasi masa waktunya, dan ada pula yang tidak terbatas (bisa digunakan kapan saja).

Free samples

Jenis promosi penjualan yang berikutnya adalah free samples atau sampel gratis. Biasa digunakan oleh perusahaan yang ingin memperkenalkan produk barunya.

Baca juga: Tujuan Promosi Penjualan dan Tekniknya

Sampel gratis ini sering berhasil dalam menarik hati calon konsumen untuk membeli produknya. Namun, ada pula yang harus mencobanya terlebih dahulu.

Sebagai contoh, seorang konsumen mendapat sampel gratis produk kecantikan. Setelah dicoba, ternyata ia cocok, dan memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Mengandakan undian

Jenis-jenis promosi penjualan berikutnya ialah undian. Ditujukan untuk mendorong konsumen, agar mereka bisa membeli lebih banyak produk.

Selain itu, undian juga diberlakukan agar konsumen tidak bergantu merek atau produk. Sayangnya, promosi penjualan ini memiliki kekurangan.

Undian hanya cocok untuk meningkatkan promosi penjualan jangka pendek. Karena setelah unian berakhir, penjualan kemungkinan besar akan menurun.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Promosi Penjualan

Memberi diskon

Jenis promosi penjualan berikutnya ialah diskon. Dilakukan untuk mewujudkan atau membentuk kesan baik terhadap perusahaan.

Sebab, konsumen cenderung menyukai produk gratis atau yang didiskon. Meski begitu, kebanyakan konsumen membeli bukan karena produknya, melainkan diskon.

Potongan rabat

Promosi penjualan ini ditujukan untuk mendorong konsumen untuk membeli, dan menghentikan penurunan penjualan.

Jenis promosi penjualan ini efektif untuk merangsang permintaan. Sayangnya, potongan rabat mudah ditiru oleh kompetitor.

Baca juga: Pengertian Promosi Penjualan dan Fungsinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com