Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Burung Merpati Memanfaatkan Medan Magnet?

Kompas.com - 17/01/2024, 20:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Burung merpati dikenal sebagai burung pengantar pesan yang mengetahui arah. Burung merpati mengetahui arah karena memanfaatkan medan magnet. Bagaimana burung merpati memanfaatkan medan magnet?

Burung merpati dapat melakukan migrasi memanfaatkan medan magnet karena memiliki reseptor magnet pada paruh dan matanya. Berikut adalah penjelasannya!

Memiliki magnetit pada paruhnya

Burung dapat merasakan medan magnet dan menentukan arah melalui perubahan medan magnet karena memiliki magnetit pada paruhnya.

Baca juga: Manfaat Medan Magnet Bumi pada Migrasi Hewan

Dilansir dari Smithsonian Science Education Center, magnetit adalah batuan bermagnet yang bertindak sebagai unit GPS untuk merpati dengan memberikan informasi tentang posisinya relatif terhadap kutub bumi.

Magnetit dapat membedakan medan magnet bumi dan menentukan posisi juga arah terbang burung merpati.

Magnetit terlihat sebagai titik kecil ada paruh burung merpati.

Baca juga: Macam-macam Bentuk Paruh Burung dan Fungsinya

Memiliki kriptokom pada matanya

Burung merpati dapat memanfaatkan medan magnet karena memiliki kriptokrom pada matanya.

Dilansir dari Find an Expert, kriptokrom adalah protein di retina mata burung merpati yang menghasilkan sinyal listrik bervariasi tergantung pada kekuatan medan magnet lokal.

Artinya, kriptokrom adalah rseptor medan magnet dalam mata burung merpati yang membuanya dapat melihat medan magnet.

Kriptokrom lalu mengirimkan sinyal listrik pada neuron-neuron di otak merpati. Sehingga, otak merpati menerima seberapa kuat medan magnet yang dirasakannya.

Baca juga: Burung Merpati Jadi Simbol Pengiriman Surat

Dilansir dari National geographic, otak merpati kemudian memproses sinyal listrik melalui arah titik medan di cakrawala (azimuth), titik di atas atau bawah cakrawala (ketinggian), dan arah titiknya (polaritas).

Dengan begitu, merpati dapat menerjemahkan medan magnet untuk mengetahui posisi dirinya sendiri dan arah yang akan dituju.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com