Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Punggung Tangan Tidak Dapat Mengukur Suhu secara Pasti?

Kompas.com - 11/12/2023, 17:00 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Demam dapat ketahui melalui cara perabaan dan menggunakan termometer.

Dilansir dari buku Mengenal Demam dan Perawatannya Pada Anak (2019) oleh Lusia, pengukuran suhu dengan cara meraba kulit seperti di daerah pipi, dahi, dan tengkuk bisa dilakukan dengan menggunakan punggung tangan.

Daerah yang diraba tersebut merupakan tempat yang memiliki banyak pembuluh darah.

Berikut pertanyaan mengenai pengukuran suhu:

Baca juga: 6 Jenis Termometer dan Kegunaannya

Pertanyaan

Mengapa telapak atau punggung tangan tidak dapat mengukur suhu bagian tubuh secara pasti?

Jawab:

Pengukuran suhu menggunakan telapak atau punggung tangan tidak dapat mengukur suhu bagian tubuh secara pasti karena kurang akurat/kurang sensitif.

Sebab, tindakan itu sering tidak sesuai dengan suhu tubuh yang sebenarnya karena tergantung kondisi tangan.

Misalnya, seseorang dengan metabolisme tubuh rendah atau menderita anemia di mana suhu tangannya lebih dingin, akan lebih peka bila meraba seseorang yang suhu tubuhnya tinggi dibandingkan dengan mereka yang metabolisme tubuhnya normal dan suhu tangannya lebih hangat.

Selain itu, bila kondisi tangan yang dingin, misalnya sehabis mencuci tangan, akan menganggap panas badan orang lain saat dipegang.

Baca juga: Mengapa Raksa Digunakan untuk Mengisi Termometer?

Cara mengukur suhu tubuh yang benar

Berdasarkan buku Prinsip dan Praktik Keperawatan Perioperatif (2009) oleh Mary Baradero, cara paling tepat untuk mengukur suhu inti tubuh adalah melalui pengukuran membran timpani.

Pengukuran suhu inti tubuh dapat pula dilakukan dengan memasukkan probe termometer ke dalam esofagus, rektum atau vesika urinaria.

Cara lain untuk mengukur suhu tubuh yakni melalui mulut dengan cara mengulum termometer. Suhu yang dihasilkan hampir sama dengan suhu anus, namun dipengaruhi oleh kecepatan napas.

Kemudian, Anda bisa juga mengukur suhu tubuh melalui ketiak menggunakan termometer selama 5 menit. Umumnya, pembacaan suhu tubuh di ketiak 0,8'C lebih rendah daripada pembacaan suhu tubuh melalui dubur.

Baca juga: Termometer: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Suhu dasar tubuh manusia adalah 37°C dengan rentang 1°C. Seseorang dikatakan demam biasanya suhu tubuh mencapai 38,5°C.

Dikutip dari buku Deteksi dan Cepat Obati 30+ Penyakit yang Sering Menyerang Anak (2014) oleh Rendi Aji Prihaningtyas, jika memang tidak tersedia termometer, maka Anda dapat memperkirakan apakah anak atau orang lain demam atau tidak dengan meraba kulit di bagian tubuh yang mengandung banyak pembuluh darah.

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya jika anak atau orang lain terlihat demam, segera bawa ke dokter untuk memastikan suhu tubuh anak.

Itulah penjelasan mengenai alasan mengapa mengukur suhu tubuh menggunkan telapak atau punggung tangan kurang dianjurkan.

Baca juga: Suhu dan Termometer: Arti dan Jenisnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com