Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Teori Pertukaran Sosial: Asumsi dan Sudut Pandang

Kompas.com - 16/11/2023, 02:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Teori pertukaran sosial dikembangkan oleh John Tibaut dan Harold Kelley yang merupakan psikolog sosial asal Amerika.

Teori pertukaran sosial atau social exchange theory adalah teori yang didasarkan pada ide bahwa seseorang memandang hubungan mereka dalam konteks ekonomi.

Konteks ekonomi di sana merujuk pada ia menghitung pengorbanan serta membandingkannya dengan penghargaan yang didapatkan karena meneruskan hubungan tersebut.

Oleh karena itu, dalam teori pertukaran sosial berkembang pemikiran bahwa suatu hubungan antarmanusia terjalin atas dua elemen penting yaitu pengorbanan (cost) dan penghargaan (reward).

Pengorbanan (cost) adalah elemen dari sebuah hubungan yang mempunyai nilai negatif bagi seseorang.

Nilai negatif dalam hubungan dapat berwujud rasa tertekan dan ketegangan yang muncul dalam hubungan interpersonal. Bahkan, nilai negatif ini mempunyai peluang menciptakan konflik interpersonal.

Sementara itu, penghargaan (reward) adalah elemen dalam sebuah hubungan yang mempunyai nilai positif.

Nilai positif dapat berwujud kegembiraan, kepuasan, kesetiaan dalam pertemanan, serta rasa saling mengerti.

Para teoretikus pertukaran sosial mempunyai pendapat bahwa semua orang menilai hubungan mereka dengan melihat pengorbanan dan penghargaan.

Sebagai contoh, ketika Anda harus menyelesaikan suatu tugas sekolah dan sahabat Anda baru saja putus dengan pacarnya serta ingin bercerita kepada Anda. Anda dapat melihat bagaimana persahabatan tersebut meminta Anda untuk mengorbankan waktu Anda.

Walaupun begitu, suatu hubungan juga dapat memberikan penghargaan dan hal-hal positif.

Baca juga: Pengertian Hubungan Sosial dan Ciri-Cirinya

Teori pertukaran sosial menyatakan bahwa dorongan utama dalam hubungan interpersonal adalah kepuasan dari kepentingan pribadi dua orang yang terlibat. Kepentingan pribadi tak selalu dianggap buruk dan mampu meningkatkan suatu hubungan.

Pertukaran interpersonal dianggap mirip dengan pertukaran ekonomis di mana seseorang akan merasa puas saat mereka menerima kembalian yang sesuai dengan pertukaran mereka.

Asumsi teori pertukaran sosial

Teori pertukaran sosial dibangun berdasarkan beberapa asumsi tentang sifat dasar manusia dan sifat dasar hubungan.

Karena teori pertukaran sosial didasarkan pada metafora pertukaran ekonomis, maka banyak dari asumsi yang berangkat dari pemikiran bahwa manusia memandang kehidupan sebagai suatu pasar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com