Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Jenis Komputer berdasarkan Penggunaannya

Kompas.com - 03/11/2023, 01:30 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Berdasarkan penggunaannya, jenis komputer dapat dibedakan menjadi special purpose computer dan general purpose computer.

Berikut penjelasannya:

Special purpose computer

Special purpose computer juga dapat disebut komputer untuk penggunaan khusus.

Baca juga: 3 Tahap Proses Kerja Komputer

Special purpose computer adalah komputer yang dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus dan biasanya hanya berupa satu masalah saja. Program komputer telah disediakan di dalam komputer ini.

Komputer jenis ini hanya dapat menyelesaikan satu masalah saja, sehingga hanya program tertentu yang dimasukkan ke dalam komputer ini, seperti komputer perbankan dan komputer yang dipakai pada kilang minyak.

Special purpose computer dapat berupa komputer digital ataupun komputer analog. Umumnya, komputer analog merupakan special purpose computer.

Special purpose computer banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri, seperti pabrik kimia dan penyulingan minyak, masalah navigasi di pesawat terbang atau kapal selam.

Special purpose computer yang sudah diprogram untuk suatu masalah, maka tidak dapat digunakan untuk masalah yang lainnya tanpa adanya perubahan-perubahan yang dilakukan dalam komputer tersebut.

Baca juga: 15 Manfaat Komputer di Berbagai Bidang

General purpose computer

General purpose computer juga dapat disebut sebagai komputer untuk penggunaan umum.

General purpose computer adalah jenis komputer yang dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dan dapat menggunakan berbagai program untuk menyelesaikan berbagai jenis permasalahan yang berbeda.

Program-program tersebut dapat berupa program pengolahan kata, grafis, multimedia, permainan, dan sebagainya.

Komputer yang termasuk ke dalam jenis general purpose computer adalah Personal Computer (PC) yang biasa dipakai di rumah, sekolah, atau kantor. Oleh karena itu, komputer yang umum digunakan setiap hari dapat disebut sebagai general purpose computer.

Karena general purpose computer tidak dirancang untuk masalah yang khusus, maka kecepatannya lebih rendah apabila dibandingkan dengan special purpose computer.

General purpose computer dapat merupakan komputer digital ataupun komputer analog. Namun, umumnya komputer digital adalah general purpose computer dan hal ini berlangsung sejak kemunculan komputer generasi ketiga.

Sejak generasi ketiga, sebagian besar komputer dirancang sebagai general purpose computer dan dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berbeda-beda, misalnya aplikasi bisnis, pengolahan kata, pendidikan, teknik, permainan, dan sebagainya.

Baca juga: Pengertian Topologi Jaringan Komputer: Manfaat dan Tipenya

 

Referensi:

  • Iskandar, Y. (2018). Buku Ajar Pengantar Aplikasi Komputer. Deepublish.
  • Widharma, I. G. S. (2022). Tren Baru dalam Arsitektur Komputer. Wawasan Ilmu.
  • Yuswardi. dkk. (2022). Pengantar Teknologi Informasi. PT Global Eksekutif Teknologi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com