Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Bentuk Bullying yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 30/10/2023, 19:30 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Bullying merupakan fenomena yang sudah banyak memakan korban, baik di sekolah, keluarga maupun lingkungan sehari-hari.

Dilansir dari buku Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini (2020) oleh Widya Ayu Sapitri, anak bisa menjadi pelaku bullying dikarenakan berbagai faktor.

Faktor terpenting yang menjadikan anak sebagai pelaku bullying adalah kebahagiaan diri.

Bentuk bullying

Lalu, apa saja bentuk bullying?

Berdasarkan buku Efektivitas Terapi Empati untuk Menurunkan Perilaku Bullying (2023) oleh Adinar Fatimatuzzahro, bentuk bullying ada beberapa macam, yakni:

Baca juga: Mengapa Bullying Bisa Terjadi? Ini Penjelasannya ....

Bullying verbal

Bullying verbal merupakan bullying secara langsung seperti memanggil orang lain dengan panggilan atau julukan yang buruk, mengejek, menggoda, bahkan mengancam.

Bullying fisik

Bullying fisik adalah perilaku mendorong, memukul, mengajak berkelahi, mengambil barang yang bukan haknya, atau dikunci di ruangan tertutup.

Bullying relasional

Bullying relasional seperti mengucilkan atau memfitnah.

Bullying sosial atau emosional

Perilaku yang bersifat mengisolasi dan memisahkan korban termasuk di dalamnya menyebarkan rumor yang menjelek-jelekkan korban, bersikap cuek dengan mengabaikan atau tidak mengikutsertakan korban dalam berbagai kegiatan seperti games, olahraga, atau kegiatan berkelompok lainnnya.

Baca juga: Perundungan Dunia Maya: Definisi, Dampak, dan Contohnya

Cyber-bullying

Penggunaan teknologi digital meliputi kamera, telepon genggam, internet untuk melakukan bullying atau mengancam orang lain.

Taktik teror

Mengancam, mengintimidasi, mempermainkan pikiran orang lain, kekerasan, memberikan hukuman dengan berbagai ucapan yang menyinggung perasaan dan tekanan dari teman-teman sebaya yang bertujuan untuk menyakiti korbannya.

Perilaku

Meminta uang jajan setiap harinya dan hal ini dapat mendorong korban untuk mencuri uang dari orang-orang di rumahnya sehingga sulit untuk meyakinkan orang tua mengenai kondisi yang sebenarnya terjadi. Orang tua beranggapan bahwa anaknya adalah seorang pencuri.

Seksual

Bullying seksual adalah dengan bentuk ancaman fisik maupun verbal yang bersifat seksual atau terwujud dalam bentuk perilaku.

Itulah penjelasan mengenai pengertian bullying dan bentuk-bentuk bullying.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com