Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tokoh Geografi beserta Jasanya dalam Perkembangan Ilmu Geografi

Kompas.com - 13/10/2023, 03:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Geografi sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno, di mana ilmu geografi dideskripsikan sebagai suatu ilmu yang menggambarkan tentang bumi.

Perkembangan ilmu geografi tentu tidak luput dari jasa para tokohnya yang telah berkontribusi dalam mengembangkan kajian ilmu tersebut.

Berikut tokoh-tokoh geografi dan jasanya dalam perkembangan ilmu geografi:

Eratosthenes (270-194 SM)

Menurut Eratosthenes, geografi adalah penulisan tentang bumi, yakni penulisan atau pencitraan bumi berkaitan dengan apa yang dilihat di permukaan bumi.

Eratosthenes merupakan seorang ilmuwan Yunani memperkenalkan pengertian geografi dalam bukunya yang berjudul ”Geographica”.

Ia juga merupakan orang pertama yang mencetuskan istilah ‘Geografi’, selain itu ia pula lah yang pertama kali menghitung keliling lingkar bumi dengan menggunakan perhitungan matematika.

Baca juga: 10 Pengertian Geografi Menurut Ahli

Crates of Mallus

Crates of Mallus adalah seorang ahli geografi yang berasal dari Yunani. Dalam bidang geografi, Crates mengembangkan hasil perhitungan lingkar bumi oleh Erathosthenes ke dalam suatu bentuk bola bumi yang dikenal dengan globe.

Crates merancang sebuah bola dunia yang mewakili Bumi dan merupakan bola dunia paling awal yang mewakili Bumi.

Claudius Ptolemaeus (100 – 170 M)

Ptolemaues adalah pencetus konsep penggunaan garis lintang (latitude) dan garis bujur (longitude) pada peta. Pada tahun 150 M ia menyusun peta dunia yang menggambarkan benua Asia, Afrika dan Eropa.

Ptolemaues juga telah mencatat derajat garis bujur dan lintang untuk 8000 lokasi di dunia, yang dikumpulkan menjadi The Geography.

Selain itu, ia juga lah orang pertama yang memperkenalkan penggolongan iklim. Ia membagi permukaan bumi menjadi 24 zona iklim berdasarkan lamanya hari yang terpanjang yang dialami, dari khatulistiwa sampai kutub.

Baca juga: Unsur Sejarah yang Berhubungan dengan Geografi

Muhammad ibn Musa al-Khwarizmi

Muhammad bin Musa al-Khawarizmi merupakan seorang ilmuwan Muslim terkemuka yang telah banyak memberikan kontribusi bagi peradaban umat manusia.

Dalam bidang geografi, al-Khw?rizm? merevisi Geography, dan mempublikasikan buku geografi dengan judul Kitab Surat-al-Ard yang berisi catatan untuk 2402 koordinat kota serta penjelasan geografi secara umum.

Ahli matematika yang juga geografer itu merevisi pandangan Ptolemaues mengenai geografi. Bersama-sama 70 puluh geografer, Al-Khawarizmi membuat peta globe pertama pada tahun 830 M. 

Baca juga: 4 Prinsip Geografi dan Contohnya

Bernhardus Varenius (1622-1650)

Varenius merupakan seorang Ilmuwan Belanda yang menerbitkan buku yang berjudul Geographia Generalis di Amsterdam tahun 1650, sebuah buku yang merupakan uraian berkenaan dengan kondisi fisik bumi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com