Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Jenis-jenis Algoritma Sorting

Kompas.com - 19/09/2023, 03:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Algoritma erat hubungannya dengan pemrograman komputer, salah satu contoh dari algoritma dalam pemrograman adalah Sorting (pengurutan).

Beberapa macam algoritma sorting telah dibuat karena proses tersebut sangat mendasar dan sering digunakan. Oleh karena itu, pemahaman atas algoritma sorting merupakan hal yang sangatlah berguna.

Maka dari itu, berikut penjelasan mengenai algoritma sorting beserta jenis-jenisnya.

Baca juga: Algoritma: Definisi, Ciri, Jenis, Struktur dan Contohnya

Pengertian algoritma sorting

Sorting didefinisikan sebagai pengurutan sejumlah data berdasarkan nilai kunci tertentu. Pengurutan dapat dilakukan dari nilai terkecil ke nilai terbesar (ascending) atau sebaliknya (descending).

Maka, dapat dikatakan bahwa algoritma sorting adalah suatu metode untuk mengurutkan data atau elemen-elemen dalam suatu data dengan teratur. 

Algoritma sorting merupakan salah satu konsep penting dalam pemrograman, tujuannya untuk mengubah data yang tidak teratur menjadi urutan yang teratur, terutama untuk data yang bertipe numerik ataupun karakter.

Baca juga: Ciri-ciri Algoritma Pemrograman

Jenis-jenis algoritma sorting

Ada berbagai jenis algoritma sorting yang dapat digunakan untuk mengurutkan berdasarkan kebutuhan datanya, adapun jenis-jenis algoritma sorting adalah sebagai berikut:

Bubble sort

Sebagaimana dari namanya “bubble”, konsep dari ide dasarnya adalah seperti “gelembung air” yang secara berangsur-angsur bergerak atau berpindah ke posisinya yang tepat.

Bubble sort mengurutkan data dengan cara membandingkan elemen sekarang dengan elemen berikutnya.

Cara kerjanya adalah dengan berulang-ulang melakukan traversal (proses looping) terhadap elemen-elemen struktur data yang belum diurutkan.

Di dalam traversal tersebut, nilai dari dua elemen struktur data dibandingkan, apabila datanya belum urut maka akan dilakukan pertukaran.

Maka, dapat dikatakan bahwa membandingkan masing-masing item dalam suatu data yang diberikan secara berpasangan merupakan konsep dari algoritma jenis bubble sort

Bubble sort akan berhenti ketika seluruh array telah diperiksa dan tidak ada pertukaran lagi yang bisa dilakukan, serta tercapai perurutan yang telah diinginkan.

Baca juga: Apa itu Notasi Algoritma?

Insertion sort

Salah satu algoritma sorting yang paling sederhana adalah insertion sort, di mana jenis ini dianalogikan seperti mengurutkan kartu, selembar demi selembar kartu diambil dan disisipkan (insert) ke tempat yang seharusnya.

Algoritma insertion sort pada dasarnya memilah data yang akan diurutkan menjadi dua bagian, yang belum diurutkan dan yang sudah diurutkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com