Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi Menurut Ahli, Fungsi, serta Manfaatnya

Kompas.com - 17/09/2023, 08:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Segala sesuatu yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan transfer informasi antar media disebut teknologi informasi dan komunikasi.

Teknologi informasi dan komunikasi sering disingkat menjadi TIK. Dalam bahasa Inggris, TIK dikenal sebagai ICT (Information and Communication Technology).

TIK mencakup dua hal yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Teknologi informasi mencakup hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan informasi, manipulasi, dan penggunaan alat bantu.

Sedangkan teknologi komunikasi berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lain.

Pengertian TIK

Berikut pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menurut ahli:

  • H.M Stationery Office mengartikan teknologi informasi dan komunikasi adalah aspek yang melibatkan teknologi, rekayasa, dan teknik pengelolaan yang digunakan untuk pengendalian dan pemrosesan informasi, serta penggunaannya.
  • Eric Deeson mengartikan teknologi informasi dan komunikasi merupakan kebutuhan manusia dalam mengambil, memindahkan, mengolah, dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri serta masyarakat secara menyeluruh.
  • Susanto mengartikan TIK adalah media atau alat bantu yang digunakan untuk transfer data, baik itu untuk memperoleh informasi/data ataupun memberikan informasi/data kepada orang lain, serta untuk alat komunikasi.

Baca juga: Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Fungsi TIK

Teknologi informasi dan komunikasi memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut penjelasan fungsi TIK dalam kehidupan:

  • Memudahkan mencari atau mengakses informasi

Tentunya kita semua sudah sangat mengenal dunia internet. Di zaman modern ini, segala sesuatu dapat ditemukan secara online hanya dengan bermodalkan kuota internet dan smartphone.

Internet adalah suatu alat yang terdapat pada sistem teknologi informasi dan komunikasi. Fungsi yang dapat ditawarkan oleh internet di antaranya praktis dan menyediakan informasi tak terbatas, mudah diakses, efektif dan efisien, mudah digunakan.

  • Memudahkan berkomunikasi

Berkat sistem teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih, proses komunikasi menjadi semakin mudah untuk dilakukan.

Salah satunya adalah dengan tersedianya fitur kamera di ponsel, kemudian munculnya berbagai aplikasi yang menyediakan layanan video call.

Hal tersebut menfasilitasi kita untuk dapat berkomunikasi kapan saja dan dengan siapa saja tanpa terhalang jarak. Kita bisa berbicara secara langsung atau face to face dengan teknologi.

  • Memudahkan pekerjaan

Dengan teknologi, segala hal dapat menjadi lebih sederhana. Aktivitas kerja yang ditunjang dengan bantuan teknologi yang mutakhir dapat meningkatkan produkivitas seorang karyawan.

Orang-orang juga mendapat peluang tinggi untuk dapat menghasilkan keuntungan dengan mencari kerja sistem remote (online).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com