Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Norma Sosial berdasarkan Tingkat Daya Ikat

Kompas.com - 11/09/2023, 16:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Dilansir dari buku Permainan Shadow: Teknik-Teknik Rahasia dari Psikologi Sosial untuk Memahami dan Mempengaruhi Orang Lain (2023) oleh Orion Mystique, norma sosial adalah aturan atau standar yang tidak tertulis yang mengatur perilaku dalam suatu kelompok atau masyarakat. 

Norma bisa berbentuk tata krama hingga bagaimana cara kita berinteraksi dalam situasi sosial tertentu. Norma sosial  memengaruhi perilaku kita, terkadang tanpa disadari. 

Berdasarkan situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, jenis-jenis norma sosial cukup beragam. Berikut enam jenis norma sosial berdasarkan tingkat daya ikat, yaitu: 

Baca juga: 4 Norma Sosial dalam Masyarakat

Folkways atau kebiasaan

Folkways adalah suatu norma yang bisa disebut sebagai norma kebiasaan. Dari definisinya, norma kebiasaan adalah aturan dengan kekuatan yang lebih kuat daripada usage

Hal ini tak lain karena memang perbuatan dari norma kebiasaan akan dilakukan secara berulang-ulang .

Contoh paling mudah adalah ketika kita mengetuk pintu serta memberikan salam ketika bertamu ke rumah orang lain. 

Ketika kita bertamu dan tidak melakukan suatu kebiasaan tersebut, maka kita akan dinilai sebagai seseorang yang tidak memiliki nilai kesopanan atau nilai tata krama. Hukuman yang diterima biasanya akan dalam bentuk teguran.

Usage atau cara

Dilihat berdasarkan tingkatannya, dari semua jenis norma sosial yang ada, norma cara atau usage adalah jenis yang paling lemah tingkatannya. 

Hal ini tak lain karena sanksi yang diberikan kepada pelaku hanyalah dalam bentuk cemoohan.

Contoh paling mudah adalah ketika kita sedang berkunjung ke luar negeri yang pada dasarnya kebiasaan masyarakat negara tersebut adalah menggunakan sendok garpu. 

Akan tetapi, ketika kita memiliki kebiasaan langsung menggunakan tangan, secara spontan kita akan menyantap makanan dengan menggunakan tangan seperti kebiasaan sebelumnya.

Secara kebetulan orang asli negara tersebut melihat kebiasaan kita makan akan berpikir kalau kebiasaan tersebut tidak elok untuk dilihat. 

Kemungkinan mereka akan memberikan cemooh kepada kita karena melakukan kebiasaan tersebut.

Baca juga: Perbedaan Norma Hukum dan Norma Sosial Lainnya

Mores atau tata kelakuan

Mores biasanya lebih banyak dikenal sebagai norma tata kelakuan. Norma tata kelakuan ini memiliki pengertian sebagai suatu aturan yang akan mengontrol perilaku masyarakat dan akan memberikan sebuah sanksi jika orang tersebut tidak menjalankan aturan yang sudah ada. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com