Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Media Relations Menurut Ahli

Kompas.com - 01/09/2023, 15:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Media relations merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan PR dalam salah satu perusahaan atau instansi

Di era informasi saat ini, menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan media massa bukanlah hal yang mudah.

Berikut pengertian media relations menurut ahli, yaitu: 

  • Menurut Philip Lesly

Dilansir dari bukunya Lesly's Handbook of Public Relations and Communications (2007), pengertian media relations adalah hubungan dengan media komunikasi untuk melakukan publisitas atau merespons kepentingan media terhadap kepentingan organisasi.

  • Menurut Frank Jefkins

Dilansir dari jurnal Pengaruh Kampanye "Let's Disconnect To Connect" Terhadap Sikap Anti Phubbing (Survei pada Followers Official Account LINE Starbucks Indonesia) (2018) oleh Maryam Normawati dan Priliantini, media relations adalah suatu usaha untuk mencari publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi humas dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari organisasi perusahaan yang bersangkutan.

Baca juga: Fungsi Public Relations sebagai Boundary Spanning

  • Menurut Abdurrachman

Disadur dari bukunya yang berjudul Dasar-Dasar Public Relations (2001), media relations atau hubungan pers yang baik dengan para pemimpin dan reporter/wartawan surat kabar, majalah, radio, televisi, dan portal internet memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah kegiatan Public Relations. 

Perlakuan yang berdasarkan pendapat personal dalam memberikan keterangan dapat menimbulkan berita dan tulisan yang tidak akurat, bahkan lebih buruk lagi, tulisan tersebut dapat membawa kerugian bagi organisasi/perusahaan.

  • Menurut Yosal Iriantara

Berdasarkan bukunya Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan Praktik (2010), media relations merupakan bagian dari Public Relations external yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dan publiknya untuk mencapai tujuan organisasi.

Menurut Iriantara media relations adalah menjalin hubungan dengan media komunikasi untuk melakukan publisitas atau merespons kepentingan media terhadap organisasi.

  • Menurut Wardhani

Dalam bukunya Media Relations: Sarana Membangun Reputasi Organisasi (2008), media relations adalah menciptakan pengetahuan dan pemahaman,menyebarkan informasi yang dibutuhkan oleh organisasi untuk membangun citra positif organisasi dan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap organisasi tersebut.

Baca juga: Internal Public Relations: Pengertian dan Fungsinya

  • Menurut Nurudin

Media relations adalah hubungan antara organisasi dengan pers, radio dan televisi secara dua arah atau dua pihak.

  • Menurut Rosady Ruslan

Dikutip dari bukunya Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi (2014), media relations adalah suatu kegiatan humas dengan maksud menyampaikan pesan (komunikasi mengenai aktivitas yang bersifat kelembagaan, perusahaan atau institusi, produk, serta kegiatan yang sifatnya perlu dipublikasikan melalui kerja sama dengan media massa untuk menciptakan publisitas dan citra positif di mata masyarakat.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com