Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembagian Iklim Fisis dan Matahari Negara Jepang

Kompas.com - 31/08/2023, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pembagian iklim negara Jepang dibagi menjadi dua, yakni iklim fisis dan iklim matahari.

Menurut Mulyadi dalam buku Benua dan Samudra (2020), iklim fisis adalah pembagian iklim berdasarkan kondisi fisiknya.

Sedangkan iklim matahari merupakan pembagian iklim berdasarkan letak lintang atau letak astronomisnya.

Sebutkan iklim fisis dan matahari negara Jepang

Dikutip dari buku Modul Ilmu Pengetahuan Sosial Edisi PJJ (2020) oleh Tenia Kurniawati dan Andri Setiawan, iklim fisis Jepang dibagi menjadi empat.

Sedangkan iklim matahari Jepang membuat negara ini terletak di kawasan beriklim sedang hingga sub-tropis.

Baca juga: Mengenal Klimatologi, Ilmu yang Mempelajari Iklim

Berikut penjelasan lengkapnya:

Iklim fisis Jepang

Landskap Danau Toya di Toyako, Hokkaido saat musim gugur. Iklim matahari Jepang menyebabkan negara ini memiliki empat iklim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin.Dok. Shutterstock/chatnara Landskap Danau Toya di Toyako, Hokkaido saat musim gugur. Iklim matahari Jepang menyebabkan negara ini memiliki empat iklim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin.

Jepang masuk dalam negara beriklim sedang. Menurut pembagiannya, iklim fisis Jepang terdiri dari musim semi (haru), panas (natsu), gugur (aki), dan dingin (fuyu).

Musim semi di Jepang dimulai pada bulan Maret. Ditandai dengan kemunculan kuncup bunga plum, yang kemudian digantikan oleh sakura.

Setelahnya, Jepang akan memasuki musim panas di bulan Juni. Diawali dengan turunnya hujan sekitar satu minggu. Ketika musim ini tiba, suhu di Jepang bisa mencapai 35º Celcius.

Jepang memasuki musim gugur di akhir September. Banyak binatang liar yang mengumpulkan makanannya untuk persediaan musim dingin.

Baca juga: Kondisi Alam dan Penduduk Negara Jepang

Berikutnya, Jepang akan mengalami musim dingin di bulan Desember. Ditandai dengan turunnya butir-butir salju pertama.

Mengalami musim dingin di Jepang sangatlah sulit. Karena ada badai salju dan hawanya sangat dingin. Bahkan suhunya bisa mencapai -20º Celcius.

Iklim matahari Jepang

Ilustrasi musim dingin di Hakuba, Jepang. Iklim matahari Jepang menyebabkan negara ini berada di kawasan beriklim sedang hingga sub-tropis.Shutterstock/@HanaMai Ilustrasi musim dingin di Hakuba, Jepang. Iklim matahari Jepang menyebabkan negara ini berada di kawasan beriklim sedang hingga sub-tropis.

Negara Jepang terletak di 30ºLU - 47ºLU dan 128ºBT - 146ºBT.  Letak astronomis ini menyebabkan Jepang berada di kondisi beriklim sedang hingga sub-tropis.

Untuk pembagian iklim negara Jepangnya, masih didasarkan pada empat musim tersebut, yakni musim semi, panas, gugur, dan dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com