Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinding Sel Jamur

Kompas.com - 22/08/2023, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Tumbuhan memiliki dinding sel yang membuatnya kaku. Namun, bagaimana dengan jamur yang bukan termasuk tumbuhan ataupun hewan. Apakah jamur memiliki dinding sel? Jawabannya adalah ya, jamur memiliki dinding sel.

Namun, dinding sel jamur sedikit berbeda dengan dinding sel tumbuhan. Dinding sel jamur tidak tersusun atas selulosa, berikut adalah penjelasannya!

Komponen penyusun dinding sel jamur

Dinding sel jamur tersusun atas polisakarida kompleks yang disebut kitin dan glukan.

Baca juga: Apakah Hewan Memiliki Dinding Sel?

Kitin

Dilansir dari Biology Online, kitin adalah polisakarida yang mengandung nitrogen dengan rumus empiris C8H13O5N.

Kitin memiliki sifat yang kuat secara mekanik dan tidak larut dalam air. Sehingga, kitin dapat membentuk struktur yang kuat untuk melindungin sel jamur.

Kekuatan dari kitin inilah yang membuat jamur dapat tumbuh menembus sisa-sisa bahan organik tanpa mengalami deformasi bentuk.

Baca juga: Bagaimana Cara Hidup Jamur?

Glukan

Dilansir dari Lumen Learning, dinding sel jamur mengandung glukan yang kaku dan memberikan kekuatan struktural oada dinding sel jamur.

Glukan adalah polisakarida kompleks yang merupakan polimer glukosa.

Pigmen seluler

Selain kitin dan glukan, beberapa dinding sel jamur juga mengandung pigmen seluler.

Pigmen seluler jamur adalah pigmen yang memberkan warna cerah pada jamur (bukan pigmen hijau fotosintesis) seperti warna merah, hitam, hijau, hingga biru.

Baca juga: Jenis-jenis Pigmen Warna pada Tumbuhan

Dilansir dari Biology LibreTexts, pigmen seluler pada dinding sel jamur berfungsi melindungi jamur terhadap radiasi ultraviolet yang dapat merusak jaringan dan DNA.

Dalam beberapa jenis jamur, pigmen seluler juga dapat menjadi racun yang menjauhkannya dari predator. Inilah mengapa jamur berwarna cerah biasanya beracun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com