Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosiologi Pedesaan: Pengertian dan Ciri-cirinya

Kompas.com - 14/08/2023, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sosiologi pedesaan adalah cabang ilmu sosiologi yang mengkaji hubungan masyarakat desa dengan lingkungan sekitarnya.

Karena konteksnya berkaitan dengan masyarakat pedesaan, cabang ilmu ini juga sering membahas hubungan masyarakat desa dengan kelompok sosial yang lebih luas.

Apa itu sosiologi pedesaan?

Pengertian sosiologi pedesaan

Masyarakat Desa Medowo menggelar kegiatan Dahar Durian, Sabtu (4/3/2023).DOK. Pemkab Kediri Masyarakat Desa Medowo menggelar kegiatan Dahar Durian, Sabtu (4/3/2023).

Dikutip dari buku Sosiologi Pedesaan (2022) oleh Sriyana, menurut Dwight Sanderson, sosiologi pedesaan adalah studi tentang kehidupan lingkungan pedesaan.

Sementara itu, menurut John Gillette, sosiologi pedesaan adalah cabang ilmu sosiologi yang mempelajari komunitas pedesaan secara sistematis.

Baca juga: Pengertian Sosiologi Murni dan Terapan

Tujuannya, yakni mengungkapkan kondisi dan kecenderungan yang ada, serta merumuskan berbagai prinsip kemajuan.

Adapun salah satu latar belakang munculnya sosiologi pedesaan ialah ketimpangan masyarakat desa sebagai akibat perkembangan industri.

Dilansir dari situs Encyclopedia, sosiologi pedesaan (rural sociology) adalah studi tentang organisasi dan proses sosial di wilayah berpopulasi relatif kecil.

Beberapa aspek yang dibahas dalam sosiologi pedesaan ialah pola pemukiman warga, sistem keluarga, sistem kekerabatan, sistem penguasaan lahan, dan ekonomi pertanian.

Kesimpulannya, pengertian sosiologi pedesaan adalah cabang ilmu sosiologi yang meneliti dan mengkaji hubungan masyarakat pedesaan dengan lingkungan sekitarnya.

Ciri-ciri sosiologi pedesaan

Ilustrasi masyarakat Desa Wisata Umauta di Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).Dok. Jadesta Kemenparekraf Ilustrasi masyarakat Desa Wisata Umauta di Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Obyek utama sosiologi pedesaan adalah seluruh penduduk pedesaan yang terus-menerus menetap di desa, wilayah sub-urban, dan wilayah perkotaan.

Baca juga: Dampak Positif Globalisasi bagi Masyarakat Pedesaan

Dalam situs Study, dituliskan ciri-ciri sosiologi pedesaan, yaitu:

  • Sebagai bidang studi, karakteristik metodologi penelitian sosiologi pedesaan mencakup aspek multidimensi dan multidisplin
  • Menggunakan metode ilmiah untuk menyelidiki fenomena kehidupan pedesaan
  • Memakai metode komparatif untuk membedakan masyarakat desa dengan perkotaan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com