Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Arti dan Makna Nilai Persatuan Indonesia

Kompas.com - 24/07/2023, 21:30 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sila ketiga pada Pancasila berbunyi: "Persatuan Indonesia", dan memiliki simbol pohon beringin.

Lalu, apa saja arti dan makna dari nilai persatuan Indonesia pada pancasila? Berikut penjelasannya:

Baca juga: Arti Penting Persatuan dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia

Makna nilai persatuan Indonesia

Dilansir dari buku Ensiklopedi Pancasila: Tentang Etika dan Nilai Pancasila (2021) oleh R. Toto Sugiarto, nilai persatuan Indonesia mengandung makna usaha ke arah bersatu dala kebulatan rakyat, untuk membina rasa nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Persatuan Indonesia sekaligus mengakui dan menghargai sepenuhnya unsur-unsur terhadap keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia.

Unsur-unsur bangsa Indonesia seperti suku, agama, bahasa, dan adat istiadat.

Selanjutnya, pengakuan terhadap persatuan bangsa wilayah Indonesia serta wajib membela dan menjunjung (patriotisme), cinta dan bangga akan bangsa dan negara Indonesia.

Dikutip dari buku Super Complete SMP/MTs 7,8,9 (2020) oleh Elis Khorunnisa dan teman-teman, walaupun Indonesia merupakan negara kepulauan dan dihuni oleh berbagai suku bangsa persatuan haruslah tetap dijunjung dengan tidak saling membeda-bedakan apalagi sampai terjadi perpecahan.

Baca juga: Persatuan dan Kesatuan Indonesia: Makna dan Cara Menjaganya

Implementasi nilai persatuan

Dalam nilai persatuan juga terkandung nilai patriotisme dan cinta tanah air, di mana setiap rakyat Indonesia haruslah bersatu dan rela berkorban demi tanah air tercinta.

Implementasi nilai persatuan:

  • Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan bangsa dan negara serta keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan
  • Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara
  • Cinta tanah air dan bangsa
  • Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia
  • Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang Bhineka Tunggal Ika

Baca juga: Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan

Contoh pengamalan nilai persatuan Indonesia

Dilansir dari buku Aktualisasi Pancasila dalam berbagai Dimensi Kehidupan (2021) oleh I Gusti Ngurah Santika dan teman-teman, dijelaskan bahwa makna nilai persatuan juga berarti adanya perbedaan di antara warga negara tidak menjadi hambatan atau masalah untuk mewujudkan tujuan pembangunan.

Selain itu, sila ini juga mengandung makna nasionalisme.

Pada sistem Subak (Subak adalah sistem pengairan masyarakat Bali yang menyangkut hukum adat), nilai persatuan ini yang ditunjukkan adalah adanya saling membantu (tolong-menolong) dan bergotong royong di antara para petani untuk menjamin kebersamaan dan persatuan di dalam berorganisasi.

Baca juga: Manfaat Kerja Bakti dalam Menjaga Sikap Persatuan dan Kesatuan Warga

Berdasarkan pada awig-awig yang telah disepakati, para petani di dalam prganisasi subak telah menunjukkan adanya interaksi sosial yang sangat akomodatif dan adaptif.

Secara harfiah awig-awig memiliki arti suatu ketentuan yang mengatur tata krama pergaulan hidup dalam masyarakat untuk mewujudkan tata kehidupan yang ajeg di masyarakat.

Awig-awig subak merupakan bagian dari modal sosial subak yang memiliki dungsi utnuk mengatur segala aktivias pertanian dan irigasi di dalam sistem subak.

Kekuatan awig-awig sebagai modal sosial disebabkan karena didalamnya mengatur segala sesuatu yang wajib dilakukan dan yang dilarang termausk dengan penerapan sanksinya jika terjadi pelanggaran.

Itulah penjelasan mengenai makna nilai persatuan Indonesia berserta implementasinya.

Baca juga: Faktor Pendorong Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com