Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Produk Menurut Ahli

Kompas.com - 07/07/2023, 12:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Produk merupakan titik pusat dari kegiatan pemasaran karena produk merupakan hasil dari suatu perusahaan yang dapat ditawarkan ke pasar untuk di konsumsi. 

Produk juga menjadi alat dari suatu perusahaan untuk mencapai tujuan dari perusahaanya. 

Sebuah produk harus memiliki kualitas atau keunggulan dibanding produk serupa yang lain. Baik dari segi desain, bentuk, kualitas, ukuran, kemasan, rasa, dan lain sebagainya. 

Baca juga: 3 Contoh Produk Teknologi yang Menggunakan Magnet

Berikut pengertian produk menurut ahli, yaitu: 

  • Menurut Kotler dan Armstrong 

Dilansir dari buku Konsep Dasar Manajemen Pemasaran (2023) oleh Liharman Saragih dan teman-teman, pengertian produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat merumuskan keinginan atau kebutuhan. 

Secara konsep, produk sebagai pemahaman subyektif dari produsen atas sesuatu yang bisa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui kebutuhan dan kegiatan konsumen. 

  • Menurut Stanton 

Produk yaitu kumpulan dari atribut-atribut yang nyata maupun tidak nyata, termasuk di dalamnya kemasan, warga, harga, kualitas dan merk, ditambah dengan hasa dan reputasu subyektif. 

  • Menurut Tjiptono 

Secara konseptual produk adalah pemahaman subyektif dari produsen atas sesuatu yang bisa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, sesuai dengan kompetensi dan kapasitas organisai serta daya beli. 

  • Menurut Sofyan Assauri

Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar dimiliki dan digunakan atau dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. 

  • Menurut Sangadji

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dan kebutuhan konsumen produk yang dipasarkan meliputi barang fisik, misalnya mobil, makanan, pakaian, perumahan, barang elektronik dan sebagainya.

  • Menurut Fandy

Produk adalah sebagai pemahaman subyektif produsen atas sesuatu yang bisa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, sesuai dengan kompetensi dan kapasitas organisasi serta daya beli pasar.

  • Menurut Mursid

Produk sebagai hasil akhir yang mengandung elemen-elemen fisik, jasa dan hal lain yang simbolis yang dibuat dan dijual oleh perusahaan untuk memberikan kepuasan dan keuntungan bagi pembelian. 

Baca juga: Perbedaan Perencanaan Produk dan Perencanaan Produksi

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com