Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Jumlah Uang Beredar Menurut Ahli

Kompas.com - 27/06/2023, 13:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

 

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Jumlah uang beredar merupakan salah satu unsur kebijakan moneter dari pemerintah untuk menstabilkan perekonomian negara.

Uang beredar dalam arti luas diartikan sebagai jumlah uang beredar ditambah dengan deposito berjangka dan saldo tabungan milik masyarakat pada bank-bank

Dari sisi positifnya, penambahan jumlah uang beredar menandakan bahwa adanya peningkatan pendapatan masyarakat namun disisi lain akan memicu terjadinya inflasi.

Berikut pengertian jumlah uang beredar menurut ahli yang disadur dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yaitu:

  • Menurut Sukino

Jumlah uang beredar adalah semua jenis uang yang berada di dalam perekonomian, yaitu jumlah dari mata uang dalam peredaran ditambah dengan uang giral dalam bank bank umum.

  • Menurut Ritonga

Jumlah uang beredar (JUB) adalah jumlah uang dalam suatu perekonomian pada waktu tertentu. Pada dasarnya, jumlah uang beredar ditentukan oleh besarnya penawaran uang (dari Bank Sentral) dan permintaan uang (dari masyarakat) berdasarkan tingkat likuiditasnya.

  • Menurut Tambunan

Jumlah uang beredar atau money supply adalah jumlah uang keseluruhan yang berada di tangan masyarakat dan beredar dalam sebuah perekonomian suatu negara pada suatu waktu tertentu.

Baca juga: Permintaan Uang: Pengertian dan Faktor-faktornya

  • Menurut Hubbard

Jumlah uang beredar (money supply) didefinisikan sebagai jumlah atau keseluruhan kuantitas uang dalam suatu perekonomian.

  • Menurut Rahardja dan Manurung

Jumlah uang beredar adalah nilai keseluruhan uang yang berada di tangan masyarakat. Jumlah uang beredar dalam dalam arti sempit adalah jumlah uang beredar yang terdiri dari uang kartal dan uang giral.

  • Menurut Rosyidi

Jumlah uang beredar adalah perubahan jumlah uang beredar ditentukan oleh hasil interaksi antara masyarakat, lembaga keuangan serta bank sentral.

  • Menurut Nopirin

jumlah uang beredar adalah nilai keseluruhan uang yang berada di tangan masyarakat.

  • Menurut Boediono

Jumlah uang beredar pada dasarnya memiliki dua pengertian, yaitu uang beredar dalam arti sempit (narrow money)dan uang beredar dalam arti luas (broad money).

Baca juga: Uang: Fungsi dan Jenisnya

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com