Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh-Tokoh Musik Tradisional di Indonesia

Kompas.com - 19/06/2023, 20:45 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keragaman musik Nusantara memiliki fungsi tertentu dalam kehidupan masyarakat.

Secara umum, fungsi musik bagi masyarakat Indonesia antara lain sebagai sarana atau media upacara adat budaya (ritual), pengiring tari, media hiburan, media komunikasi, media ekspresi diri dan sarana ekonomi/komersial.

Dilansir dari buku Seni dan Budaya (2021) oleh Jelly Eko Purnomo dan Zefri Yandra, beberapa tokoh musik yang berjasa dalam mengembangkan dan melestarikan musik tradisional di Indonesia, yakni:

  • Nahum Situmorang

Di daerah Tapanuli, Sumatera Utara, ada Nahum Situmorang yang menciptakan lagu "Dago Inang Sarge" dan "Alu Siau" dan mendapatkan penghargaan Bintang Wijaya Kusuma dari pemerintah Indonesia.

Baca juga: Jenis dan Teknik Seni Musik Kreasi

  • Nyi Tjondrolukito, Cakn Nun, Djadug Ferianto

Di Yogyakarta ada seniman musik Nyi Tjondrolukito dalam genre gamelan Jawa gaya Yogyakarta, Manthous yang mempopulerkan musik gamela gaya baru yang dinamakan Campursari yaitu karawitan gaya kontemporer yang dipadukan dengan alat musik modern dengan salah satu lagu yang terkenal "Nyidam Sari".

Budayawan Cak Nun dengan grup musik Kyai Kanjeng yang mempopulerkan lagu-lagu Islami dengan musik nuansa tradisional Jawa sebagai media dakwah, Djadug Ferianto sebagai seniman musik tradisi Jawa gaya kontemporer.

  • Ki Nartosabdo

Di daerah Surakarta, Jawa Tengah dikenal senimal musik Ki Nartosabdo, R.M.T. Wreksodiningrat, K.R.T. Wasitodiningrat, pesinden legendaris Waljinah yang mempopulerkan musik gamelan gaya Surakarta dan keroncong.

Lagunya yang terkenal berjudul "Walang Kekek" dan "Kutut Manggung".

Baca juga: Apa itu Resensi dalam Tulisan Jurnalisme Seni Musik?

  • Benyamin. S

Di Jakarta ada seniman multitalenta Benyamin. S yang mengangkat dan ikut melestarikan musik Gambang kromong dan keroncong tugu. Salah satu lagunya yang terkenal adalah "Hujan Gerimis Aje".

  • Gede Manik dan I Lotring

Di Bali dikenal seniman musik Gede Manik dan I Lotring yang mempertahankan musik tradisi yang masih asli, I Made Senen yang menemukan gaya musik Bali kreasi baru dan Wayan Berata yang melanjutkan gaya kreasi baru yang lebih kompleks.

Baca juga: Jenis Pertunjukan Seni Musik Instrumental

  • Melky Goeslaw

Di daerah Maluku ada tokoh seniman musik Melky Goeslaw dengan salah satu lagunya yang terkenal "Sio Mama", Arie Sapulette dengan lagunya yang sangat terkenal "Poco-poco".

  • Nyong Franco

Di daerah Nusa Tenggara Timur ada salah satu tokoh musik tradisional bernama Nyong Franco yang lagunya saat ini sangat terkenal di setiap pelosok Indonesia, yaitu "Goyang Maumere/Gemo Fa, Mi, Re".

  • R. Machyar Angga Kusumadinata

Di Jawa Barat ada tokoh musik bernama R. Machyar Angga Kusumadinata yang menemukan serta mengembangkan sistem tangga nada pentatonis dan penulisan simbol-simbol nada.

Baca juga: 10 Soal dan Jawaban Materi Seni Musik Persiapan Ujian Sekolah SMP/MTs

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com