Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hewan yang Melakukan Hibernasi

Kompas.com - 19/04/2023, 22:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Fungsi dari hibernasi salah satunya adalah untuk menghemat energi. Energi yang ada di dalam untuk akan dihemat selama periode tertentu. Khususnya ketika tidak lagi tersedia makanan yang cukup untuk bertahan hidup.

Ada beberapa contoh hewan yang melakukan hibernasi. Di antaranya:

Tupai Tanah Golden Mantled (Citellus lateralis)

Hewan ini banyak ditemukan di bagian barat Amerika Utara. Tepatnya pada lintang 1500 m sampai 3600 m. Di antara bagian selatan California dan bagian utara British Columbia.

Secara normal, mereka melakukan hibernasi mulai dari 3 bulan sampai 4 bulan. Mereka akan mengkonsumsi makan secara cepat.

Hal itu akan membuat berat badan mereka meningkat. pada saat menjelang hibernasi dimulai, bulan Oktober.

Baca juga: 12 Contoh Hewan Vivipar

Serangga

Beberapa spesies serangga akan memperlihatkan pula inaktif selama masa perkembangan dan pertumbuhan berhenti.

Serta metabolisme yang berkurang cukup banyak. Pada keadaan tersebut, umumnya akan disebut dengan diapause.

Meskipun ketika dikorelasikan dengan bulan-bulan pada musim dingin, maka hal itu dapat dikategorikan sebagai hibernasi.

Kelelawar tapal kuda (Rhinolophus) sejauh ini merupakan reservoir (sarang) alami yang penting bagi virus corona. Hewan ini juga memiliki virus corona yang merupakan kerabat dekat SARS-CoV-2, penyebab Covid-19. Asal usul Covid-19.Shutterstock/Rudmer Zwerver Kelelawar tapal kuda (Rhinolophus) sejauh ini merupakan reservoir (sarang) alami yang penting bagi virus corona. Hewan ini juga memiliki virus corona yang merupakan kerabat dekat SARS-CoV-2, penyebab Covid-19. Asal usul Covid-19.

Kelelawar

Hewan yang melakukan hibernasi selanjutnya adalah kelelawar. Beberapa kelelawar adalah seorang hibernator. Contohnya seperti kelelawar coklat besar atau Big Brown Bat.

Mereka akan hidup berkelompok dalam jumlah yang cukup besar ketika musim dingin tiba. Para kelelawar tersebut akan menggantung turun dan naik dengan sayap dan ekornya. Mereka akan menutupi tubuhnya.

Tujuannya adalah untuk menjaga agar tubuh tetap terasa hangat. Temperature tubuh mereka akan turun. Hal itu akan membuat mereka terlihat seperti sudah mati.

Kelelawar akan melakukan hibernasi selama 7 bulan. Tepatnya pada bulan Oktober, sampai bulan April. Mereka hanya akan bangun satu kali saja dalam sebulan.

Kelelawar akan membangun semua kehangatan selama proses hibernasi. Caranya adalah dengan membuat lubang tiruang yang ukurannya sebesar ibu jari mereka.

Katak

Katak adalah salah satu hewan yang melakukan hibernasi. Mereka akan melakukan hibernasi di sekitar dasar sungai. Selain itu, mereka akan hibernasi di kolam, dimana airnya tidak dingin dan tidak membeku.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com