Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Struktur Pembentuk Badan Golgi pada Sel

Kompas.com - 14/04/2023, 20:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Badan golgi terdiri dari struktur berupa kantong-kantong yang menyerupai cakram dengan cabang-cabang kecil di ujungnya.

Cabang-cabang tersebut membentuk pembuluh kecil yang berguna untuk mengumpulkan dan membungkus karbohidrat dan zat lainnya, yang kemudian diangkut ke permukaan sel atau digunakan untuk membentuk dinding sel.

Struktur badan golgi terdiri dari membran berbentuk tabung dan vesikula, yang membebaskan kantong-kantong kecil yang berisi enzim yang membantu pembentukan dinding sel.

Meskipun badan golgi memiliki bentuk yang mirip dengan retikulum endoplasma, badan golgi terdiri dari ruangan yang terpisah dan dilapisi oleh membran. Terdapat dua bagian dalam badan golgi, yaitu bagian cis dan bagian trans. Berikut penjelasannya:

  • Bagian cis berfungsi untuk menerima vesikel dari retikulum endoplasma kasar, dan kemudian mengolahnya sehingga dapat bergerak dari bagian cis ke bagian trans.
  • Bagian trans, di sisi lain, memecahkan dirinya untuk membentuk vesikel yang siap untuk disalurkan ke dalam sel atau ke luar sel.

Baca juga: Cara Mengubah Isi Sel Data pada Microsoft Excel

Cara kerja badan golgi

Berikut ini cara kerja badan golgi:

  1. Badan golgi atau aparatus golgi ini nantinya akan bekerja sama dengan retikulum endoplasma yang aman mensintesis protein.
  2. Selanjutnya, akan terjadi sintesis protein yang akan dibentuk vesikel transfer atau bisa disebut dengan nama mikrovesikel yang nantinya akan dibawa ke organel badan golgi pada sekula.
  3. Setelah proses tersebut, maka akan terjadi proses penggabungan antara protein yang dibawa dengan vesikel transpor dari RE. Dimana pada dugaan pertama mungkin akan terjadi pembesaran badan golgi.
  4. Namun, kondisi tersebut tidak akan terjadi ketika badan golgi membentuk vesikel sekretoris yang memiliki fungsi untuk mengangkut sekula ke arah puncak sel yang dihantarkan keluar sel.
  5. Pada bagian dalam badan golgi akan terjadi pemadatan atau kondensasi sebelum akhirnya akan dibawa ke vesikula sekretoris.
  6. Di dalam badan golgi juga terdapat 3 jenis enzim galaktosil transferase yang memiliki fungsi untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada protein membrane yang diakibatkan adanya perbedaan oligosakarida.
  7. Berikutnya, vesikel sekretoris yang keluar dari sel akan melewati membrane sel melalui eksositosis. Proses tersebut juga akan sekaligus akan memperbaiki kondisi membrane sel yang ada.

Baca juga: Ciri-ciri Leukosit (Sel Darah Putih)

Enzim dan lipid pada badan golgi

Pada bagian badan golgi ternyata ditemukan banyak sekali enzim yang heterogen. Enzim pada bagian badan golgi ini juga bisa digolongkan pada beberapa bagian seperti:

  1. Glikosiltransferasa yakni untuk biosintesis glikoprotein
  2. Transferasa untuk sintesis fosfolipid
  3. Oksidoreduktase
  4. Fosfatasa
  5. Sulfo dan glikosiltransferasa yakni untuk biosintesis glikolipida
  6. Kenasa
  7. Fosfolipase
  8. Mamnosidasa
  9. Variasi Coated Vesicle

Baca juga: Contoh Makhluk Hidup Sel Prokariotik

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com