Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teks Nonfiksi: Pengertian dan Ciri-cirinya

Kompas.com - 13/04/2023, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comTeks nonfiksi adalah jenis karangan yang memuat fakta atau peristiwa yang memang pernah terjadi.

Kebalikan dari teks nonfiksi ialah teks fiksi. Merupakan karangan atau tulisan yang bersifat fiktif, karena tidak sesuai fakta.

Apa itu teks nonfiksi?

Pengertian teks nonfiksi

Menurut Minarni Try Astuti dalam buku Yuk, Ungkap Idemu melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan (2019), berikut pengertian teks nonfiksi:

"Teks nonfiksi adalah buah pemikiran atau pendapat penulis yang dikembangkan berdasarkan fakta, data, kejadian, atau rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya."

Bisa juga diartikan bahwa teks nonfiksi adalah teks yang isinya bersifat faktual. Karena berasal dari fakta yang benar-benar terjadi dalam kehidupan.

Baca juga: 5 Ciri Karangan Nonfiksi

Dikutip dari buku Strategi Know-Want to Know-Learned dan Direct Reading Thinking Activity  (2021) karya Prasetya Andika dkk, teks nonfiksi adalah teks yang berisi fakta atau kenyataan.

Biasanya teks nonfiksi ditemukan dalam surat kabar atau majalah. Contohnya jurnal sejarah atau ilmiah, biografi, dan karya sastra.

Kesimpulannya, teks nonfiksi adalah karangan yang berisi fakta, data, atau peristiwa yang terjadi secara nyata dalam kehidupan.

Ciri-ciri teks nonfiksi

Dilansir dari buku Filosofi, Teori, dan Konsep Bahasa dan Sastra Indonesia (2021) oleh Ali Mustardi, salah satu ciri teks nonfiksi adalah bersifat aktual.

Mengapa? Karena teks nonfiksi umumnya membahas peristiwa atau fakta yang sedang hangat diperbincangkan publik.

Selain itu, teks nonfiksi juga bersifat realitas. Sebab, karangan ini mengangkat peristiwa yang terjadi dalam kehidupan manusia.

Ciri-ciri teks nonfiksi lainnya, yakni didasarkan pada data atau kajian ilmuwan, supaya terjamin keakuratan dan kebenaran informasinya.

Baca juga: Jenis dan Isi Buku Nonfiksi

Ciri lain yang membedakan teks nonfiksi dengan karangan lainnya adalah bentuk tulisannya. Teks nonfiksi umumnya berbentuk tulisan ilmiah, laporan, dan artikel.

Jika melihat isinya, teks nonfiksi haruslah bersifat obyektif serta harus mampu menarik pembaca untuk berpikir atau berpendapat.

Kesimpulannya, ciri-ciri teks nonfiksi adalah:

  • Bersifat aktual dan realitas
  • Isinya didasarnya data dan kajian ilmuwan
  • Bentuk teksnya berupa tulisan ilmiah, laporan, atau artikel
  • Isinya harus bersifat obyektif dan menarik pembaca untuk berpikir atau berpendapat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com