Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Makna dari Suatu Kritik Seni Rupa

Kompas.com - 11/03/2023, 19:30 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dilansir dari Buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020) oleh Sofyan Salam, dan teman-teman, kritik seni rupa adalah pembahasan tentang karya seni rupa, secara lisan atau tertulis, dengan maksud untuk menyosialisasikan karya seni rupa yang dibahas kepada khalayak.

Orang yang melakukan kritik seni rupa yakni kritikus seni rupa.

Kritikus seni rupa adalah orang yang secara sadar membagikan pengalaman estetik yang dirasakannya dalam menghayati karya seni rupa kepada orang lain agar orang lain merasakan pengalaman estetik yang sama.

Baca juga: Tahapan Kritik Seni Rupa

Makna kritik seni rupa

Secara umum, kritikus seni rupa melakukan kritik atas dasar kecintaan terhadap karya seni rupa agar karya seni rupa mendapatkan tempat di hati anggota masyarakat.

Penulis buku A Short Guide to Writing About Art, Barnet mengatakan, makna kritik yang paling berharga bukanlah yang menunjuk-nunjuk pada kesalahan, tetapi kritik yang mampu mengarahkan perhatian kita pada hal yang menatik pada sebuah karya seni rupa.

Dengan dimikian, seorang kritikus seni rupa adalah orang yang memiliki kepekaan estetis melebihi orang kebanyakan sehingga mampu melihat sesuatu yang menarik, sesuatu yang tidak segera disadari orang lain.

Seorang kritikus seni rupa diharapkan untuk melahirkan karya kritik yang memberi pencerahan kepada masyarakat berkat pembahasannya yang mendalam dan komprehensif dari segi filosofis, estetis, etis, historis, sosiologi, dan teknis.

Atas dasar ini, seorang kritikus seni rupa mestilah melengkapi dirinya dengan pengetahuan yang komprehensif tentang dunia seni rupa agar mampu melaksanakan fungsinya dengan baik.

Baca juga: Pengertian dan Ciri-ciri Seni Rupa Modern

Contoh kritik seni rupa

Dikutip dari Buku Kritik Seni Rupa Berbasis Budaya Kritis (2020) oleh Tri Aru Wiratno, salah satu contoh kritik karya seni rupa yakni pada karya seni Avant Garde.

Karya ini membuat seorang kritikus melihat karya bukan hanya pada bentuk representasinya, gagasan, tapi bagaimana semua itu menjadi sebuah konsep seni yang memang berkembang dari realitas sosial budaya masyarakatnya.

Menurut kritikus karya seni Avant Garde, karya seni rupa ini sebagai sebuah reaksi dari realitas sosial budaya masyarakat yang mengalami kehancuran, dari sebuah akibat perang dunia yang melanad kehidupan masyarakatnya.

Cara menulis kritik seni rupa

Saat Anda diminta untuk memberikan tanggapan terhadap suatu benda, disadari atau tidak, Anda telah melakukan sebagian kegiatan kritik dan apresiasi.

Berikut beberapa tahapan yang digunakan dalam mengkritisi sebuah karya seni rupa:

  • Mendeskripsi

Deskripsi adalah tahapan dalam kritik untuk menemukan, mencatat dan mendeskripsikan segala sesuatu yang dilihat apa adanya adn tidak berusaha melakukan analisis atau mengambil kesimpulan.

  • Menganalisis

Analisis formal adalah tahapan dalam kritik karya seni untuk menelusuri sebuah karya seni berdasarkan struktur formal atau unsur-unsur pembentuknya.

  • Menafsirkan

Menafsirkan atau menginterpretasi adalah tahapan penafsiran makna sebuah karya seni meliputi tema yang digarap, tema yang dihadirkan dan masalah-masalah yang dikedepankan.

  • Menilai

Tahap menilai atau evaluasi merupakan tahapan yang menjadi ciri dari kritik karya seni. Evaluasi atau penilaian adalah tahapan daam kritik untuk menentukan kualitas suatu karya seni jika dibandingkan dengan karya lain sejenis.

Baca juga: Mengenal Prinsip Komposisi dalam Seni Rupa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com