Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Gas: Pengertian, Sifat, dan Ciri-cirinya

Kompas.com - 22/11/2022, 18:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Gas adalah salah satu fasa benda yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Gas merupakan bentuk dan wujud zat yang memiliki volume serta bentuk yang daoat berubah-ubah sesuai wadahnya, meskipun sulit dilihat dengan mata telanjang manusia. 

Selain tidak bisa dilihat, benda gas juga tidak bisa dipegang layaknya benda padat dan benda cair. 

Sifat-sifat benda gas 

Berikut sifat-sifat benda gas, adalah: 

  • Mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya 

Udara adalah campuran berbagai zat gas yang tidak terlihat, tidak berwarna, dan juga tidak beraroma atau berbau. Namun meskipun demikian udara tetap menempati ruang dan kemudian akan mengikuti bentuk ruang atau wadahnya.

Contohnya saat meniup udara ke dalam balon maka balon akan berubah bentuk menjadi lebih besar karena terisi gas yang menekan lapisan karet balon.

Semakin kuat kita meniupnya, maka semakin banyak pula gas yang masuk ke dalam balon tersebut. Dari balon tersebutlah wujud gas terbentuk dengan menyesuaikan bentuk balon, missal balon berbentuk kepala hewan maka gas akan mengikuti bentuk balon tersebut. 

Baca juga: Contoh Perubahan Benda Padat dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Ada di segala tempat 

Gas mampu berada di segala tempat sehingga bisa ditemukan di mana-mana, baik di dalam rumah, jalan, atau lingkungan manapun. Bahkan ruang atau tempat kosong sekalipun pasti ada udara atau gasnya.

Sifat benda gas yang ada disegala tempat ini membuktikan bahwa manusia memang sangat bergantung pada keberadaan oksigen. 

  • Menekan ke segala arah

Ketika meniup balon, balon akan mengembang dan menjadi besar. Hal ini menandakan bahwa gas dapat menekan ke segala arah pada suatu ruang. 

Hal ini bisa terjadi karena zat gas memiliki molekul yang bisa bergerak bebas dengan mudah sehingga dapat memberi tekanan pada ruangan tertentu pula dari segala arah. Bergeraknya zat gas ke segala arah juga disebabkan unsur kimia zat gas yang lebih ringan di udara. 

  • Memiliki massa berat 

Meskipun zat benda gas tidak terlihat keberadaannya, namun ternyata zat gas juga memiliki massa atau berat benda. Massa atau berat zat gas tentu berbeda dengan ukuran massa benda padat dan cair.

Bahkan dalam penghitungan zat gas juga berbeda-beda, misalnya untuk menghitung massa gas karbon dioksida dengan berat kering biomassa dan perhitungan persamaan gas ideal. 

Untuk mengetahui massa zat gas juga dipengaruhi dengan ukuran tekanan, volume dan suhu yang ada disekitar zat tersebut. Massa gas udara di Bumi memiliki komposisi volume kasar dari 68 persen molekul nitrogen, 21 persen molekul oksigen, dan 1 persen gas lainnya, termasuk di dalamnya molekul karbon dioksida. 

Baca juga: Benda Padat: Pengertian, Sifat, dan Ciri-cirinya

  • Jarak antarpartikel berubah-ubah 

Sama halnya dengan benda padat dan cair, benda gas juga memiliki partikel dan molekul unsur penyusunnya, meskipun tingkat kecepatannya berbeda dengan benda padat dan cair.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com