Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Faktor yang Memengaruhi Masalah Ekonomi

Kompas.com - 03/11/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Masalah ekonomi hadir akibat kelangkaan, di mana kebutuhan dan keinginan manusia tak terbatas, sementara alat pemuas kebutuhannya terbatas.

Dalam artikel ini, akan dibahas lima faktor yang memengaruhi masalah ekonomi, yakni:

  1. Sumber daya alam
  2. Sumber daya manusia
  3. Modal kerja
  4. Proses distribusi
  5. Tingkat konsumsi.

Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam merupakan segala hal yang berasal dari alam, dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Berdasarkan pembentukannya, sumber daya alam terbagi menjadi sumber daya yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam dan masalah ekonomi berhubungan erat dengan tersedia tidaknya bahan baku, karena tingginya tingkat pertumbuhan penduduk, juga lahan yang terbatas.

Baca juga: 5 Kebijakan Pemerintah untuk Mengatasi Masalah Ekonomi

Sumber Daya Manusia (SDM)

Meliputi ketersediaan tenaga kerja ahli dan profesional. SDM merupakan individu produktif yang bekerja sebagai penggerak organisasi, baik institusi maupun perusahaan

Sebagai elemen utama organisasi, sumber daya manusia dibandingkan dengan sumber daya lainnya, seperti modal dan teknologi.

Ada dua pengertian SDM, yakni sumber daya manusia makro dan mikro.

Sumber daya manusia makro berfokus pada jumlah penduduk berusi produktif di suatu wilayah. Sedangkan mikro, berhubungan dengan individu yang bekerja di sebuah institusi.

Modal kerja

Proses produksi tentunya membutuhkan modal kerja, agar produksinya dapat selesai dengan baik, serta memenuhi permintaan konsumen.

Modal kerja merupakan jumlah aktiva lancar. Waktu tersedianya modal kerja akan tergantung pada macam dan tingkat likuiditas unsur aktiva lancar, seperti kas, surat berharga, piutang, dan persediaan.

Baca juga: Contoh Masalah Ekonomi Makro dan Mikro

Proses distribusi

Walau terbilang sederhana dan merupakan masalah ekonomi klasik, proses distribusi cukup berpengaruh dalam masalah ekonomi, terutama pada barang pokok yang dihasilkan.

Distribusi merupakan kegiatan memindahkan produk dari pihak supplier kepada konsumen dalam bentuk rantai pasokan (supply chain).

Proses distribusi menjadi salah satu kunci keuntungan bagi perusahaan, karena secara langsung akan memengaruhi biaya produk dan kebutuhan konsumen.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com