Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kriteria Makanan sehat 

Kompas.com - 27/10/2022, 20:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com -  Makanan sehat adalah makanan yang sehat untuk dikonsumsi manusia, sehat bagi lingkungan dan perekonomian negara. 

Kriteria makanan yang sehat memang harus kita perhatikan agar kebutuhan unsur-unsur penting untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh dapat maksimal. 

Oleh karena itulah, kita perlu memilih dan memilah berbagai makanan yang kita konsumsi. 

Dikutip dari buku Cara Hidup Sehat (2011) oleh Erma Hanifah, berikut tiga kriteria makanan sehat, yaitu: 

  • Tidak mengandung zat kimia berlebihan

Peranan zat kimia dalam makanan sudah tidak dapat dielakan lagi. Hal ini dapat kita lihat dari semakin banyaknya pemakaian zat kimia dalam pengolahan makanan, dari bidang pertanian sampai pengelolaan hasilnya.

Beberapa jenis makanan yang kita konsumsi setiap hari tidak lepas dari campuran zat kimia di dalamnya sehingga sangat beresiko terhadap tubuh kita. Jika kita ingin sehat, maka kita harus mampu memilah makanan yang sedikit zat kimianya.

Agar dapat dikatakan makanan sehat, makanan tidak boleh mengandung zat kimia. Karena jika terlalu banyak mengonsumsi zat kimia akan berdampak buruk bagi kesehatan organ tubuh. 

Baca juga: Jenis Mikroorganisme Penyebab Penyakit yang Berasal dari Makanan

  • Tidak mengandung zat pewarna kimia

Kadangkala, makanan yang kita konsumsi mempunyai warna tertentu. Warna dalam makanan memang memiliki peranan penting untuk memikat minat konsumen, terlebih anak-anak. 

Makanan yang sehat tentu harus menggunakan pewarna alami, seperti warna hijau dengan menggunakan daun pandan. Warna-warna ini sangat aman dipergunakan untuk mewarnai makanan. Jadi, kita harus pintar-pintar dalam memilih makanan.

  • Tidak mengandung zat pengawet makanan 

Makanan sehat adalah makanan yang tidak mengandung zat pengawet. Terlebih jika pengawet terebut berasal dari bahan kimia. 

Contoh makanan sehat 

Beberapa contoh makanan sehat, yakni: 

  • Buah 

Buah termasuk makanan sehat yang dikonsumsi setiap hari. Mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Contoh buah adalah pisang, mangga, semangka, anggur, pear, dan lain-lainnya. 

  • Daging 

Salah satu makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi. Daging tanpa lemak lebih baik dikonsumsi, dibanding  daging yang banyak lemak. Karena daging tanpa lemak kaya akan zat besi. 

Baca juga: Jenis Bahan Makanan yang Mengandung Flora Mikroba

  • Telur 

Telur menjadi salah satu bahan yang sering dikonsumsi. Telur mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti telur ayam dan bebek. 

  • Ikan 

Ikan menjadi makanan sehat lainnya yang biasa dikonsumsi setiap hari. Ikan mengandung omega-3 yang sangat baik untuk tubuh. Misalnya, lele, bandeng, ddan sebagainya. 

  • Sayur 

Sayur memiliki banyak nutrisi, seperti kalsium, serat, zat besi, vitamin, dan kalium bagi tubuh. Beberapa contoh sayuran, yaitu pakcoy, sawi, bayam, kangkung, dan lain-lain

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com