Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 5 Fungsi Daun

Kompas.com - 27/10/2022, 16:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Daun merupakan salah satu bagian penting dari sebuah tumbuhan. Daun memiliki fungsi penting bagi kehidupan suatu tumbuhan.

Fungsi utama daun adalah sebagai tempat untuk berfotosintesis. Selain itu daun juga memiliki fungsi lain, di antaranya:

Sebagai tempat penyimpanan cadangan air dan makanan 

Selain fotosintesis, fungsi daun yang pertama ialah untuk tempat menyimpan cadangan air dan juga makanan.

Pada umumnya, tumbuhan menyimpan cadangan makanannya pada bagian akar, tetapi pada beberapa jenis tumbuhan, makanan serta cadangan air dapat disimpan di daun.

Salah satu tanaman yang menggunakan daunnya sebagai tempat untuk menyimpan makanan yaitu lidah buaya.

Apabila diperhatikan dengan saksama, ketika membuka atau mengupas daun dari lidah buaya, maka akan dapat terlihat daging yang berbentuk seperti agar-agar.

Baca juga: Daun: Pengertian, Struktur, dan Fungsinya

Sebagai alat untuk berkembang biak

Perkembangbiakan pada tumbuhan biasanya terjadi pada bagian bunga dan jarang terjadi di daun. Akan tetapi, dalam beberapa jenis tumbuhan, daun difungsikan alat perkembangbiakan, misalnya pada tanaman cocor bebek.

Pada tanaman cocor bebek, apabila kualitas daun tidak terjaga dengan baik, maka dapat memengaruhi hasil dari perkembangbiakan tanaman cocor bebek tersebut menjadi turut tidak baik.

Sebagai alat pernapasan

Sebuah ilustrasi perbedaan sederhana antara fotosintesis dan respirasi sel. Yang membedakan adalah siang dan malam, serta pertukaran gas yang terjadi pada nya.VectorMine Sebuah ilustrasi perbedaan sederhana antara fotosintesis dan respirasi sel. Yang membedakan adalah siang dan malam, serta pertukaran gas yang terjadi pada nya.

Tumbuhan bisa bernapas dengan menggunakan daun karena di dalam daun terdapat organ yang dinamakan stomata. Stomata pada daun bisa membantu tumbuhan untuk menjalankan sistem pernapasan.

Apabila pertumbuhan daun pada tumbuhan terganggu misalnya diserang hama atau dicabut oleh manusia secara berlebihan, maka tumbuhan akan sulit bernapas, lambat laun menjadi layu, dan mati.

Baca juga: Fungsi, Struktur, dan Jenis-jenis Daun

Sebagai alat penguapan

Selain memiliki fungsi sebagai alat pernapasan, daun juga memiliki fungsi sebagai alat penguapan. Meski demikian, dalam proses penguapan, daun akan dibantu dengan kutikula. Bahkan, dalam proses penguapan ini, kutikula memiliki peran yang lebih besar apabila dibandingkan dengan stomata pada. Meski demikian, tetap saja daun juga turut andil dalam membantu proses penguapan pada tumbuhan.

Sebagai tempat gutasi

Pada umumnya, proses gutasi yang terjadi pada tumbuhan dilakukan di daun. Gutasi itu sendiri memiliki arti yakni proses pelepasan air dalam bentuk cair dari jaringan daun.

Proses gutasi dapat terjadi ketika kondisi tanah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh tumbuhan sehingga penyerapan air tinggi, tetapi laju penguapan atau transpirasinya rendah maupun saat penguapan air sulit terjadi yang disebabkan karena tingginya kadar kelembapan udara.

Baca juga: Mengenal Bentuk Adaptasi pada Akar, Batang, dan Daun

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com