Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kondisi Alam Amerika Serikat

Kompas.com - 17/10/2022, 15:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Amerika Serikat terletak pada 24°33’LU-70°23’LU dan 172°27’BB- 66°51’BB. Negara ini memiliki batas-batas dengan: 

  • Sebelah Utara: Kanada
  • Sebelah barat: Samudra Pasifik
  • Sebelah timur: Samudra Atlantik
  • Sebela selatan: Meksiko, Teluk Meksiko, dan Kuba

Amerika Serikat juga memiliki negara bagian yang terpisah dari daratan utamanya yaitu Alaska yang terletak di barat laut Kanada.

Iklim Amerika Serikat

Wilayah Amerika Serikat sangat luas, dan memiliki beberapa jenis iklim. Iklim yang ada di negara tersebut terdiri atas iklim kontinental, iklim sedang, iklim mediteran, iklim subtropik, dan iklim dingin atau kutub (Alaska).

Secara umum, Amerika Serikat mengalami empat musim, seperti musim semi, panas, gugur, dan dingin.

Suhu udara pada musim dingin dapat mencapai -30° C dan suhu pada musim panas dapat mencapai 27°C di kebanyakan wilayahnya.

Pada bagian gurun bisa mencapai 43° C. Di Alaska, suhu udara lebih rendah karena letaknya dekat kutub. Suhu di Alaska bisa mencapai -21°C sampai -30°C pada musim dingin.

Curah hujan di wilayah Amerika juga sangat bervariasi. Di pantai barat curah hujan bisa mencapai 2500 mili meter per tahun, namun di wilayah gurun dan dataran rendah pedalaman curah hujannya lebih rendah.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Amerika Serikat

Bentuk muka bumi Amerika Serikat

Bunga liar di Gunung Rainer, Washington, Amerika Serikat.lonely planet Bunga liar di Gunung Rainer, Washington, Amerika Serikat.

Secara fisik wilayah Amerika Serikat terdiri atas dua rangkaian pegunungan besar yaitu pegunungan Rocky (Rocky Mountain) di bagian barat dan Pegunungan Appalachia di bagian timur.

Pegunungan Rocky memiliki beberapa puncak yang umumnya tidak terlalu tinggi. Pegunungan Appalachia di bagian timur membentang hampir sejajar Samudra Atlantik sejauh 2.400 kilometer.

Di antara kedua pegunungan tersebut terletak dataran sangat luas yang disebut Great plains. Sejumlah sungai mengalir melewati dataran tersebut dengan sungai terbesarnya adalah Sungai Missisippi.

Sungai Missisippi (3.734 km) merupakan yang terpanjang kedua di Amerika Serikat setelah Sungai Missouri (3.768 km).

Di bagian utara yang berbatasan dengan Kanada, terdapat sejumlah danau besar atau dikenal Great Lakes. Danau besar tersebut adalah Danau Michigan, Danau Huron, Danau Superior, Danau Erie, dan Danau Ontario

Baca juga: Slab City, Kota Tanpa Hukum di Amerika Serikat

Geologi Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) merupakan negara yang kaya akan sumber daya geologi. Beberapa kekayaan alam tersebut adalah batu bara, minyak bumi, tembaga, posfat, timah, dan besi.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com