Sejarah Berdirinya Amerika Serikat

Kompas.com - 04/07/2020, 12:30 WIB
Ilustrasi Patung Liberty atau Liberty Statue di New York, Amerika Serikat. Dok. ShutterstockIlustrasi Patung Liberty atau Liberty Statue di New York, Amerika Serikat.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) merupakan salah satu negara yang berada di Benua Amerika tepatnya di Amerika Utara.

Sejarah berdirinnya Amerika Serikat (AS) cukup panjang sebelum ditemukannya Benua Amerika oleh Cristopher Columbus hingga menjadi negara adi daya.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), sebelum Cristopher Colmbus tiba, Amerika telah dihuni oleh orang-orang yang kemungkinan berasal dari Benua Asia.

Kemungkinan penduduk pertama tiba sekitar 20.000 hingga 35.000 tahun sebelumnya dalam serangkaian migrasi dari Asia ke Amerika Utara melalui Selat Bering.

Pada saat orang Eropa pertama muncul, orang-orang pribumi yang dikenal orang Indian telah menyebar dan menduduki bagian Amerika.

Pada saat Cristopher Columbus tiba 1 Agustus 1498, orang Indian yang sekarang menjadi Amerika Serikat diperkirakan sudah sangat bervariasi.

Baca juga: Sejarah Hari Ini, Kemerdekaan Amerika Serikat

Secara umum dapat dikatakan, bahwa orang Indian Amerika secara keseluruhan memiliki pengaruh penting terhadap peradaban yang ditransplantasikan dari Eropa.

Mereka memiliki budaya yang berbeda antar kelompok masyarakat yang tersebar diberbagai wilayah.

Kedatangan bangsa Eropa

Pada periode penjelajahan, ada beberapa negara Eropa yang melakukan penjelajahan ke Benua Amerika, seperti Portugis, Spanyol, Perancis, atau Inggris.

Spanyol, merupakan negara pertama yang tiba di Benua Amerika melalui ekspedisi Cristopher Columbus. Kemudian ada Belanda, Perancis.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X