Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Fotosintesis pada Tumbuhan dan Faktor yang Memengaruhinya

Kompas.com - 08/09/2022, 13:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Dalam rantai makanan, tumbuhan berperan sebagai produsen karena kemampuannya untuk memproduksi makanan sendiri lewat fotosintesis.

Adapun, fotosintesis adalah proses pembuatan atau pembentukan makanan oleh tumbuhan, terutama yang berklorofil, dengan bantuan bantuan cahaya matahari.

Proses fotosintesis

Empat komponen penting yang dibutuhkan dalam fotosintesis ialah air atau H2O, karbon dioksida atau CO2, klorofil, dan cahaya matahari.

Fotosintesis dapat disebut proses reaksi kimia yang terjadi pada tumbuhan berklorofil hijau dengan bantuan cahaya matahari.

Proses fotosintesis berlangsung saat cahaya matahari mengalami perubahan energi kimia yang bermanfaat untuk mengubah air, karbon dioksida, dan mineral menjadi oksigen serta senyawa organik.

Air didapatkan tumbuhan dari dalam tanah yang diserap akar untuk dialirkan ke seluruh bagian tumbuhan, termasuk daun.

Baca juga: Mengapa Fotosintesis adalah Proses yang Penting di Bumi?

Kemudian karbon dioksida didapatkan dari udara yang masuk lewat stomata di bagian bawah daun.

Proses fotosintesis terjadi ketika klorofil di daun menangkap cahaya matahari, dan menggunakannya untuk mengubah air serta karbon dioksida menjadi gula dan oksigen.

Gula yang dihasilkan dapat digunakan langsung oleh tumbuhan, atau disimpan dalam bagian lain, seperti buah yang sering kita konsumsi.

Selain gula, fotosintesis juga menghasilkan oksigen melalui stomata yang kita gunakan untuk bernapas.

Faktor yang memengaruhi proses fotosintesis

Berikut beberapa faktor yang memengaruhi proses fotosintesis adalah:

  • Intensitas cahaya

Laju fotosintesis akan berjalan maksimal ketika banyak cahaya.

Baca juga: Perbedaan Fotosintesis dan Respirasi

  • Konsentrasi karbon dioksida

Makin banyak karbon dioksida di udara, kian banyak pula jumlah bahan yang dapat digunakan tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis.

  • Suhu

Enzim-enzim yang bekerja dalam proses fotosintesis hanya dapat bekerja pada suhu optimumnya. Laju fotosintesis akan meningkat seiring bertambahnya suhu hingga batas toleransi enzim.

  • Kadar air

Kekurangan air atau kekeringan menyebabkan stomata menutup, dan menghambat penyerapan karbon dioksida, sehingga mengurangi laju fotosintesis.

  • Tahap pertumbuhan

Penelitian menunjukkan bahwa laju fotosintesis jauh lebih tinggi pada tumbuhan yang sedang berkecambah, ketimbang tumbuhan dewasa. Karena tumbuhan berkecambah memerlukan lebih banyak energi dan makanan untuk tumbuh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com