Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Migrasi dan Contohnya

Kompas.com - 01/09/2022, 13:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Editor

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Migrasi manusia berkaitan dengan kependudukan. Biasa dilakukan oleh individu atau masyarakat yang ingin menetap di suatu wilayah.

Pengertian migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lainnya, dengan melewati batas negara atau batas daerah administratif dalam suatu negara.

Dalam kependudukan, migrasi bisa terjadi karena disebabkan oleh faktor ekonomi, bencana alam, keadaan politik, maupun kondisi agama.

Ada dua jenis migrasi, yaitu migrasi nasional dan internasional. Berikut penjelasannya:

Migrasi nasional

Menurut Ahmad Khoiri dan Septian Peterianus dalam buku Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (2021), berikut pengertian migrasi nasional:

"Migrasi nasional adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain, tetapi masih dalam suatu negara."

Baca juga: Dampak Migrasi Penduduk

Jenis migrasi nasional dibagi menjadi urbanisasi dan transmigrasi.

  • Urbanisasi

Merupakan gelombang perpindahan penduduk dari desa ke kota, baik perseorangan maupun kelompok. Sering kali ditujukan untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik.

  • Transmigrasi

Merupakan program pemerintah untuk meratakan pembangunan, serta mengentaskan kemiskinan dengan memindahkan warga dari wilayah padat penduduk menuju daerah yang penduduknya jarang.

Contohnya penduduk Pulau Jawa dan Sulawesi dipindahkan ke Sumatera, Kalimantan, serta Papua.

Migrasi internasional

Dikutip dari buku Teori Kependudukan (2020) oleh Agustina Bidarti, migrasi internasional adalah perpindahan penduduk dari satu negara ke negara lainnya.

Jenis migrasi ini dibagi menjadi emigrasi, imigrasi, serta remigrasi. Berikut penjelasannya:

  • Imigrasi

Adalah proses masuknya warga negara asing ke dalam sebuah negara. Gelombang imigrasi terbesar yang pernah dicatat, yakni perpindahan warga Inggris ke Australia saat revolusi industri.

Meski sebagian besar warga tersebut merupakan tawanan yang dibuang, namun keadaan tersebut justru menjadi berkah bagi keturunan Eropa untuk menetap di Australia yang masih minim penduduk.

Baca juga: Apa itu Migrasi, Imigrasi, Transmigrasi dan Emigrasi?

  • Emigrasi

Adalah keluarnya penduduk dari suatu negara. Bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya peperangan dalam negeri.

Contohnya Muslim Rohingya melarikan diri dari Myanmar karena diburu dan dianggap warga ilegal. Contoh lainnya, masyarakat Korea Utara pindah ke Kanada.

Selain perang, emigrasi juga bisa disebabkan oleh faktor ekonomi. Contohnya warga miskin Afrika banyak yang pindah ke Eropa.

  • Remigrasi

Adalah kembalinya penduduk ke daerah asal. Contohnya warga Indonesia yang pernah pindah bahkan menjadi warna negara Amerika, kemudian kembali dan menjadi warga negara Indonesia lagi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com