Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enzim Katalase: Pengertian dan Fungsinya

Kompas.com - 18/08/2022, 15:58 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comEnzim katalase paling banyak ditemukan pada sel hati. Namun, apakah yang dimaksud dengan enzim katalase dan apa fungsi dari enzim katalase? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian enzim katalase

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, enzim katalase adalah enzim yang mengakatalisis reaksi penguraian hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen.

Enzim katalase merupakan biomolekuler berupa protein kuartener yang terbentuk dari empat rantai panjang polipeptida (subunit protein).

Setiap rantai diperkirakan terdiri dari sekitar 500 asam amino.

Enzim katalase ditemukan paling banyak pada sel hati dan juga sel jantung di semua organisme yang terpapar oksigen.

Baca juga: Definisi dan Struktur Protein Kuartener

Fungsi enzim katalase

Enzim katalase memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh.

Dilansir dari Scientific American, enzim katalase berfungsi untuk melindungi sel hidup dari kerusakan oksidatif yang terjadi ketika sel atau molekul lain dalam tubuh bersentuhan dengan senyawa oksidatif.

Senyawa oksidatif yang dimaksudkan adalah hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida (H2O2) merupakan produk sampingan yang dihasilkan proses seluler dan metabolisme tubuh.

Sedangkan, hidrogen peroksida adalah senyawa yang beracun yang berbahaya bagi tubuh.

Baca juga: Seyawa Peroksida: Pengertian, Contoh dan Manfaatnya

Hidrogen peroksida dapat menyebabkan iritasi, rasa sakit, dan cedera pada berbagai organ tubuh.

Sehingga, penumpukan hidrogen peroksida hasil proses seluler sangat tidak diinginkan oleh tubuh.

Secara otomatis, tubuh memproduksi enzim katalase untuk memecah hidrogen peroksida yang berbahaya melalui reaksi berikut:

Dalam persamaan reaksi terlihat bahwa enzim katalase memecah hidrogen peroksida (H2O2) menjadi air (H2O) dan oksigen (O2). 

Baca juga: Ciri Khas Enzim sebagai Katalis Biokimia

Terlihat juga bahwa enzim katalase tidak dikonsumsi dalam reaksi tersebut sehingga dapat digunakan kembali untuk memecah hidrogen peroksida lainnya dalam tubuh. 

Dilansir dari Biology LibreTexts, satu molekul enzim katalase dapat bekerja memecah sekitar 40 juta molekul hidrogen peroksida per detik. 

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa enzim katalase adalah protein yang berfungsi memecah hidrogen peroksida berbahaya dalam tubuh menjasi air dan oksigen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com