Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bola Kasti: Sejarah, Aturan Permainan, dan Ukuran Lapangannya

Kompas.com - 14/07/2022, 18:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Muaro Jambi, Jambi

 

KOMPAS.com - Permainan bola kasti menjadi salah satu olahraga yang melatih kekompakan dan kerja sama tim. 

Permainan bola kasti adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu dengan cara melempar, menangkap, dan memukul bola kasti dengan sebuah pemukul atau tongkat pipih. Bola yang digunakan adalah bola tenis.

Dengan demikian, permainan ini masuk ke dalam kategori olahraga bola kecil. Dalam bahasa Inggris, permainan yang dimainkan oleh 12 pemain di setiap regunya ini bernama rounders.

Permainan bola kasti dimainkan oleh 2 regu yaitu regu pemukul serta regu penjaga. Satu regu penjaga akan berusaha menangkap bola yang dipukul oleh regu pemukul.

Bola yang berhasil ditangkap tersebut akan dimainkan sehingga bola dapat dilemparkan ke anggota regu pemukul yang sedang berlari untuk melakukan perpindahan pos.

Baca juga: Peraturan Dasar Permainan Kasti

Perpindahan pos bertujuan agar pemain regu pemukul dapat kembali “pulang ke rumah” atau yang dinamakan ruang bebas. Jika di tengah on the way (pulang), bola mengenai pemain regu pemukul yang berlari, maka pemain dinyatakan mati.

Akibatnya, terjadi pergantian regu. Regu yang awalnya berjaga menjadi regu pemukul dan regu yang awalnya memukul berganti menjadi regu penjaga.

Permainan bola kasti dipimpin oleh seorang wasit yang dibantu oleh tiga orang pembantu wasit dan seorang penulis nilai. Tak hanya anak-anak, bahkan permainan ini dinikmati hampir semua usia. Tentu saja asal mereka sanggup berlari. 

Sejarah bola kasti

Dalam sebuah buku A Little Pretty Pocket Book (1744) oleh John Newbery, permainan bola kasti ini telah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor (catatan sejarah menyebutkan rentang tahun 1485-1603).

Sehingga, belum diketahui secara pasti kapan permainan pertama kali dimainkan. Meskipun istilah baseball telah ada di Inggris sebelum permainan bola kasti ada, namun banyak yang meyakini bahwa permainan bola kasti sudah lebih dulu ada sebelum baseball dikenalkan.

Selanjutnya, pada tahun 1828, seorang penulis bernama William Clark di London menulis edisi kedua buku yang berjudul The Boy’s Own Book. Di dalam buku tersebut, disebutkan peraturan permainan bola kasti dan dicetak pertama kali dalam bahasa Inggris.

Kemudian pada 1943 terbentuklah National Rounders Association di Britania Raya untuk menaungi olahraga permainan bola kasti. Kemunculan asosiasi tersebut membuat permainan bola kasti menjadi populer di Britania Raya. 

Baca juga: Peralatan dan Perlengkapan dalam Permainan Kasti

Di Indonesia, permainan bola kasti sudah dikenal oleh masyarakat sejak lama. Ada yang mengatakan bahwa permainan kasti sudah dimainkan oleh masyarakat pada zaman kerajaan-kerajaan di nusantara, yang turun-temurun dimainkan hingga sekarang. Kemungkinan, para penjajah dari eropa yang memperkenalkan olahraga tersebut ke Indonesia.

Peraturan permainan bola kasti

Berikut ini merupakan aturan dari permainan bola kasti, yaitu: 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com