Kompas.com - 28/12/2020, 10:00 WIB
Tim Baseball Garuda Jakarta berhasil merebut juara pertama untuk dua kategori pada kejuaraan Protect Our Nation Youth (PONY) yang berlangsung dari 21 Februari hingga 24 Februari 2019 di Lapangan Softball Gelora Bung Karno, Senayan. 
Tim Baseball Garuda Jakarta berhasil merebut juara pertama untuk dua kategori pada kejuaraan Protect Our Nation Youth (PONY) yang berlangsung dari 21 Februari hingga 24 Februari 2019 di Lapangan Softball Gelora Bung Karno, Senayan.

KOMPAS.com - Permainan kasti termasuk dalam olahraga bola kecil. Permainan ini sangat melatih kekompakan dan kerja sama antar anggota dalam satu tim.

Perlu penguasaan teknik serta latihan yang rutin agar bisa lihai dalam bermain kasti.

Namun, dalam bermain kasti para pemain juga harus mengetahui dan memahami berbagai peraturan yang ada dalam permainan ini.

Permainan kasti memiliki serangkaian peraturan dasar yang harus diketahui dan dipahami oleh para pemain kasti.

Peraturan ini dibuat agar para pemain kasti terhindar dari pelanggaran sehingga hasil permainan dianggap sah oleh wasit atau juri.

Baca juga: Peralatan dan Perlengkapan dalam Permainan Kasti

Lalu, bagaimana peraturan dasar dalam permainan kasti?

Berikut penjelasannya yang dilansir dari situs Rounders England:

  1. Permainan kasti harus dimainkan oleh dua tim yang masing-masing memiliki pemain minimal enam orang dan maksimal 15 orang.
  2. Salah satu tim harus menjadi tim pemukul dan tim lainnya menjadi tim pelempar bola.
  3. Seorang pelempar akan melempar bola ke arah pemukul dan harus dipukul jauh. Kemudian pemukul tersebut harus berlari ke pos pertama dan berikutnya sebelum fielder mengambil serta melempar bola ke arahnya.
  4. Jika seorang pemukul berhasil mencapai pos kedua atau ketiga dalam satu kali pukulan, maka tim pemukul akan mendapat poin setengah pembulatan.

Permainan kasti biasanya diberlangsungkan lebih dari dua babak. Tujuannya agar mencari pemenang berdasarkan poin atau skor terbanyak.

Baca juga: Teknik Dasar Permainan Kasti

Penentuan pemenang dalam permainan kasti ditentukan dari tim atau regu dengan poin terbanyak. Tahukah kamu bagimana sistem penilaian dari permainan kasti?

Berikut penjelasannya yang dikutip dari situs Master of Games:

  1. Jika seorang pemukul bola berhasil melewati empat pos dalam sekali pukulan maka akan mendapat satu poin penuh.
  2. Jika pemukul gagal memukul bola tetapi berhasil melewati empat pos penjagaan maka akan mendapat setengah poin penuh.
  3. Jika pemukul berhasil memukul bola dan berhasil melewati dua pos penjagaan maka akan mendapat setengah poin.
  4. Jika fielder menghalangi pemukul untuk berlari ke pos maka akan mendapat setengah poin.

Baca juga: Teknik Pukulan dalam Permainan Kasti

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), permainan kasti sangat membutuhkan ketangkasan dan kecerdikan, karena hal ini sangat berpengaruh kepada pemain.

Permainan kasti dilakukan secara beregu. Permainannya sangat membutuhkan kerja sama tim dalam setiap pertandingan.

Di samping kerja sama, setiap individu dan tim harus menguasai teknik dasar permainan tersebut.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X