Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan antara Makhluk Hidup dan Contohnya

Kompas.com - 13/06/2022, 14:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Jambi 

 

KOMPAS.com - Semua makhluk hidup yang ada di bumi tidak dapat hidup tanpa makhluk hidup lainnya. Semuanya memiliki hubungan ketergantungan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Namun, ada hubungan yang menguntungkan dan ada pula yang merugikan. Hubungan antarmakhluk hidup ini dikenal dengan nama simbiosis.

Dikutip dari situs National Geographic, simbiosis adalah hubungan ataupun interaksi antara dua organisme makhluk hidup yang berbeda.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hubungan antar makhluk hidup, mari kita simak penjelasan berikut: 

Baca juga: 4 Macam Simbiosis dalam Ekosistem dan Contohnya

Simbiosis mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua organisme berbeda yang saling menguntungkan kedua pihak. Beberapa contoh dari hubunga simbiosis mutualisme, yaitu: 

  • Kupu-kupu dan bunga 

Simbiosis mutualisme dialami oleh kupu-kupu dan bunga. Kupu-kupu mengisap nektar yang terdapat pada bunga. Sedangkan bunga, mendapatkan keuntungan dari gerak kupu-kupu untuk proses penyerbukan.

  • Manusia dengan bakteri E.Coli  

Keberadaan bakteri E.Coli membantu manusia dalam mengurangi pertumbuhan bakteri jahat dan mempercepat proses pembusukan di usus besar. Sedangkan keuntungan yang didapat oleh bakter E.Coli adalah mendapat makanan dari sisa-sisa pembuangan pada usus besar dalam tubuh manusia.

  • Kebau dengan burung jalak

Burung jalak yang hinggap pada tubuh kerbau dengan tujuan mencari makan berupa kutu-kutu di badan kerbau. Kegiatan burung jalak tersebut menguntungkan kerbau karena mengurangi parasit yang hinggap pada tubuhnya.

Baca juga: Simbiosis Mutualisme: Pengertian dan Contohnya

Simbiosis parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua organisme berbeda, di mana satu pihak diuntungkan dan pihak lain dirugikan. Berikut beberapa contoh hubungan simbiosis parasitisme: 

  • Manusia dengan nyamuk 

Simbiosis parasitisme terjadi pada hubungan nyamuk dan manusia. Nyamuk mendapatkan makanannya dengan cara mengisap darah manusia, sementara manusia dirugikan karena dapat terjangkit penyakit berbahaya seperti malaria atau demam berdarah (DBD)

  • Lalat dengan buah 

Contoh lain dari simbiosis parasitisme adalah hubungan antara lalat dengan buah. Lalat bisa langsung mendapatkan makanan dari buah yang dihinggapinya. Sedangkan buah yang dihinggapinya akan mengalami kerugian karena akan menjadi lebih cepat membusuk.

Simbiosis komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua organisme berbeda yang menguntungkan salah satu pihak tanpa merugikan pihak lainnya. Beberapa contih hubungan simbiosis komensalisme, seperti: 

  • Ikan remora dan ikan hiu

Simbiosis ini terjadi pada hubungan antara ikan remora dan ikan hiu. Ketika ikan hiu makan, biasanya sisa-sisa makanan akan berjatuhan.

Di saat sisa-sisa makanan jatuh, ikan remora akan menempel dengan ikan hiu untuk mengambil sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Ikan remora mendapatkan keuntungan tanpa mengurangi makanan ikan hiu.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com