Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Organisme Memperoleh Nitrogen?

Kompas.com - 27/04/2022, 05:43 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comNitrogen adalah unsur yang diperlukan oleh tubuh makhluk hidup, baik hewan, tumbuhan, dan juga manusia. Bagaimana cara organisme memperoleh nitrogen? Berikut adalah penjelasannya!

Menyerap nitrogen dari atmosfer

Cara organisme memperoleh nitrogen yang pertama adalah dengan menyerapnya dari atmosfer. Atmosfer atau udara di bumi 78 persen terdiri nitrogen dalam bentuk gas (N2).

Penyerapan nitrogen dari atmosfer dilakukan oleh bakteri fiksasi nitrogen, misalnya Rhizobium yang hidup di akar tanaman.

Dilansir dari Khan Academy, bakteri menangkap nitrogen atmosfer dan mengubahnya menjadi amonia (NH3) yang dapat diambil oleh tanaman dan digunakan untuk membuat molekul organik.

Baca juga: Proses Daur Nitrogen, Siklus dan Contohnya

Mengambil nitrogen dari dalam tanah

Cara organisme memperoleh nitrogen lainnya adalah dengan mengambilnya dari dalam tanah. Tumbuhan menyerap nitrogen bersama dengan zat hara lainnya dalam bentuk amonia dari hasil proses fiksasi untuk keperluan biologisnya.

Selain dari fiksasi bakteri, tanah juga memiliki nitrogen dari terjadinya petir. Dilansir dari Science Learning Hub, petir mengubah nitrogen atmosfer menjadi amonia dan nitrat yang masuk ke tanah melalui curah hujan.

Mendapatkannya dari pupuk

Organisme juga mendapatkan nitrogen dari pupuk. Pupuk menyediakan nitrogen agar tanaman dapat tumbuh di tanah yang kurang nutrisi.

Baca juga: Mengapa Penggunaan Pupuk Kimia dapat Memicu Pemanasan Global?

Mendapatkannya dari sisa-sisa zat organik

Cara organisme mendapatkan nitrogen selanjutnya adalah mendapatkannya dari penguraian sisa-sisa zat organik.

Organisme mengonsumsi nitrogen sepanjang hidupnya. Sehingga, zat nitrogen tersebut masih ada dalam sisa-sisa tubuhnya ketika organisme tersebut mati ataupun dalam zat ekskresinya.

Dilansir dari Microbiology Society, pengurai mengonsumsi bahan organik nitrogen yang terkandung dalam sisa-sisa zat organik organisme dan mengubahnya menjadi ion amonium.

Memakan organisme

Cara organisme mendapatkan nitrogen selanjutnya berlaku pada organisme heterotrof, yaitu dengan memakan organisme lain.

Hewan dan manusia tidak dapat mengonsumsi nitrogen yang berada dalam tanah secara langsung. Sehingga, harus memakan tumbuhan atau hewan lain yang mengandung nitrogen.

Baca juga: Kemosintesis: Pengertian, Proses, dan Contohnya

Mendapatkannya dari ventilasi hidrotermal

Organisme yang hidup di laut dengan kedalaman 2000 meter atau lebih mendapatkan nitrogen dari ventilasi hidrotermal.

Dilansir dari NOAA's National Ocean Service, ventilasi hidrotermal adalah hasil dari air laut yang meresao ke bawah melalui celah di kerak laut sekitar zona subduksi.

Ventilasi hidrotermal mengeluarkan air laut dan berbagai unsur kimia, termasuk nitrogen. Nitrogen tersebut kemudian diserap oleh organisme kemoautotrof untuk membuat makanannya melalui proses kemosintesis. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com