Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Sikap Tanggung Jawab dalam Pengembangan IPTEK

Kompas.com - 18/04/2022, 13:09 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Manusia di dalam mengembangkan dan menerapkan iptek sudah selayaknya disertai etika dan rasa tanggung jawab. Mengapa manusia harus bertanggung jawab dan apa contoh sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK?

Perkembangan IPTEK bagi manusia bagaikan dua mata pisau, karena memiliki dampak baik dan dampak buruk.

Untuk menghindari dampak buruk dari pengembangan IPTEK, manusia harus memiliki sikap tanggung jawab. Berikut adalah contoh sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK!

Selalu memperhatikan etika dalam pengembangan dan penerapan IPTEK

Contoh sikap tanggung jawan dalam pengembangan IPTEK adalah selalu memperhatikan etika. Etika diperlukan agar pengembangan IPTEK tidak berbenturan dengan nilai-nilai moral yang berlaku dalam masyarakat.

Baca juga: Sikap Selektif Menghadapi Pengaruh IPTEK

Sehingga, pengembangan IPTEK tetap menghormati hak dan juga martabat manusia, tidak merusak keadilan, dan juga tidak merugikan orang lain.

Memperhatikan nilai guna

Contoh sikap bertanggung jawab dalam pengembangan IPTEK selanjutnya adalah memperhatikan nilai guna. Dilansir dari Phys.org, teknologi kerap memiliki penggunaan ganda yang dapat bermanfat atau membahayakan.

Misalnya, penelitian tentang virus yang dapat berguna untuk kesehatan masyarakat. Namun, juga dapat disalahgunakan sebagai senjata biologis.

Oleh karena itu, pengembangan IPTEK harus memperhatikan nilai guna. Agar IPTEK dapat lebih berguna dan bermafaat bagi kebaikan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Meminimalisasi dampak negatif

Selalu ada risiko munculnya dampak negatif dalam pengembangan IPTEK. Dilansir dari Lumen Learning, manusia harus menimbang risiko terhadap manfaatnya untuk meminimalisasi dampak negatif.

Baca juga: Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Artinya, pengembangan IPTEK tidak boleh hanya berorientasikan pada manfaat yang dihasilkan. Melainkan juga pada risiko dampak negatif yang dihasilkan.

Memperhatikan pelestarian lingkungan

Sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK selanjutnya adalah memperhatikan pelestarian lingkungan. Bukan hanya manusia yang hidup di bumi, melainkan juga hewan dan tumbuhan. Kita berbagai lingkungan dan saling bergantung satu sama lain.

Pengembangan IPTEK berpotensi besar merusak lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan krisisnya lingkungan hidup sejak manusia mengembangkan peradaban modern.

Sehingga, pengembangan IPTEK harus dibarengi dengan pelestarian lingkungan untuk mencegah berbagai dampak buruk yang membahayakan kehidupan di bumi.

Baca juga: Pengaruh Positif dan Negatif Informasi Ilmu Pengetahuan dari Televisi

Melakukan penelitian secara menyeluruh, kompeten, dan jujur

Dilansir dari Social Sci LibreTexts, peneliti harus bertindak secara bertanggung jawab dengan melakukan penelitian secara menyeluruh dan kompeten, memenuhi kewajiban, tepercaya, dan juga jujur.

Memperhatikan nilai budaya dan agama

Dalam pengembangan IPTEK, nilai budaya dan agama juga harus diperhatikan. Pengembangan IPTEK tidak boleh bertentangan dengan nilai budaya dan agama.

Terutama di negara Indonesia, yang memegang teguh nilai keagamaan dan budaya seperti yang tercantum dalam dasar negara Pancasila.

Memperhatikan nilai budaya dan agama dalam pengembangan IPTEK juga dapat mencegah terjadinya perpecahan antara masyarakat dan memelihara perdamaian juga keadilan.

Baca juga: Manfaat IPTEK di Bidang Pertanian

Menggunakan IPTEK secara bijak

Contoh sikap tanggung jawab selanjutnya dalam pengembangan IPTEK adalah menggunakannya secara bijak. Sehingga, tidak meninggalkan kewajiban ataupun merugikan orang lain dan diri sendiri. Contoh penggunaan IPTEK secara bijak adalah:

  • Tidak terlalu lama dalam menggunakan internet, sehingga meninggalkan kewajiban.
  • Tidak menggunakan teknologi untuk menyontek dan berlaku curang saat ujian.
  • Tidak menyalahgunakan penggunaan obat-obatan.
  • Tidak membuang bahan kimia sembarangan ke lingkungan.
  • Menggunakan internet secara bijak dan tidak menyebarkan hal yang dapat berpengaruh buruk.
  • Menghemat pemakaian teknologi yang menggunakan sumber energi, terutama yang tidak dapat diperbarui.
  • Mengurangi pemakaian teknologi yang mengakibatkan polusi, seperti kendaraan bermotor dan pendingin ruangan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com