Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lambang Unsur Menurut Jacob Berzelius

Kompas.com - 28/03/2022, 16:54 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Setiap unsur yang ada memiliki lambang unsur. Penggunaan lambang unsur yang berupa huruf-huruf pertama kali diperkenalkan oleh Jacob Berzelius pada tahun 1813.

Sejarah penemuan lambang unsur

Lambang unsur adalah lambang yang menggambarkan suatu unsur kimia. Penggunaan lambang untuk unsur kimia telah dilakukan sejak zaman mesir kuno oleh para alkemis.

Dilansir dari Beautiful Chemistry, tujuan utama penggunaan lambang adalah untuk mengurangi teks dan meningkatkan kecepatan membaca buku alkimia.

Pada saat itu, lambang unsur masih berupa simbol sederhana representasi alat kimia ataupun simbol grafis yang acak. Sehingga, kerap kali menyebabkan kebingungan dan kesalahpahaman.

Hingga akhirnya, sekitar tahun 1808 John Dalton memperkenalkan lambang unsur sebagai standar agar tidak menimbulkan kebingungan.

Baca juga: Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama

Lambang unsur Dalton berupa gambar lingkaran dengan berbagai macam akses seperti titik, garis, huruf, warna hitam dan putih yang berbeda-beda untuk setiap unsur dan molekul.

Lambang unsur John Dalton merupakan perkembangan yang besar dalam ilmu kimia. Namun, tetap sulit untuk dihafal maupun ditulis.

Menanggapi kesulitan tersebut, seorang ahli kimia asal Swedia bernama Jacob Berzelius mencetuskan ide lambang unsurnya. Pada tahun 1813, J.J. Berzelius menggunakan huruf-huruf sebagai lambang unsur untuk mempermudah penulisan dan juga pembacaan.

Penulisan lambang unsur Berzelius

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Berzelius menyingkat nama latin unsur dengan satu atau dua huruf dan menerapkan superskrip untuk menunjukkan jumlah atom setiap unsur yang ada dalam bahan asam dan basa.

Baca juga: Daftar Unsur Kimia Menurut Nomor Atom

Lambang unsur dinyatakan oleh satu huruf depan

Berzelius mengurutkan lambang unsur berdasarkan dengan nomor atomnya. Unsur dilambangkan dengan satu huruf pertamanya.

Misalnya, unsur hidrogen yang memiliki nomor atom 1, berasal dari bahasa latin “hidrogenium”. Sehingga lambang unsurnya adalah huruf pertama nama latinnya, yaitu “H”.

Lambang unsur dinyatakan oleh dua huruf depan

Dilansir dari Biology LibreTexts, jika huruf pertama sudah diambil oleh unsur lain maka lambang unsurnya menjadi dua huruf pertama.

Misalnya, unsur helium yang memiliki nomor atom 2. Helium berasal dari nama latin “Helios” yang memiliki huruf pertama “H”, sama dengan hidrogen.

Sehingga, lambang unsur helium diambil dari dua huruf pertama nama latinnya, yaitu “He”.

Baca juga: Sifat-Sifat Unsur Kimia

Huruf dari lambang unsur diikuti oleh superkrip nomor atomnya

Berzelius menggabungkan huruf dan nomor dalam lambang unsurnya. Huruf menggambarkan nama unsur, sedangkan nomor menggambarkan nomor atom.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com