Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umbi: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Kompas.com - 22/03/2022, 11:35 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Organ tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk sebagai akibat perubahan fungsinya disebut umbi. Kandungan tertinggi pada tanaman umbi-umbian adalah karbohidrat. 

Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan umbi, apa saja jenis umbi, dan contohnya? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah penjelasan tersebut!

Pengertian Umbi

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, umbi adalah tempat penyimpangan khusus pada tumbuhan berbiji tertentu. Umbi adalah organ tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk, menjadi lebih besar atau membengkak. 

Hal tersebut, karena tumbuhan membutuhkan tempat penyimpanan nutrisi atau makanan. Umbi biasanya memiliki bentuk yang pendek dan tebal. 

Baca juga: Kentang Itu Umbi Batang atau Akar?

Kandungan nutrisi dalam umbi sangat beragam, sesuai dengan jenis tumbuhannya. Namun, kandngan tertingginya adalah karbohidrat kompleks. Sehingga, umbi kerap digunakan sebagai makanan pokok. 

Jenis-jenis umbi

Umbi terbentuk dari jaringan yang membengkak. Berdasarkan asal jaringannya, umbi dibagi menjadi tiga yaitu umbi akar, umbi batang, dan juga umbi lapis

Umbi akar

Dilansir dari Lumen Learning, umbi akar adalah struktur akar yang dimodifikasi untuk tempat penyimpanan makanan.

Umbi akar berasal dari pembengkakan atau penebalan akar yang disebabkan akumulasi nutrisi.

Pembengkakan biasanya terjadi di bawah tanah pada akar utama tumbuhan. Umbi akar terlihat mirip dengan umbi batang. Bedanya, umbi akar tidak memiliki tunas.

 Baca juga: Pengeringan Umbi-umbian Sebagai Upaya Pengawetan

Karena merupakan tempat penyimpanan makanan, umbi akar memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Salah satu kandungan tertingginya adalah karbohidrat sederhana, seperti glukosa atau gula.

Contoh tanaman dengan umbi batang adalah wortel, lobak, ubi, bit, dahlia, dan singkong.

Umbi batang

Umbi batang adalah umbi yang berkembang dari batang tumbuhan yang berada di bawah tanah dan membengkak. Sederhanya, umbi batang adalah batang tumbuhan yang membengkak.

Dilansir dari Biology LibreTexts, umbi muncul sebagai ujung stolon yang membengkak, mengandung banyak tunas pada batang atau pangkal batang.

Tunas tersebut adalah bentuk reproduksi vegetatif yang kemudian dapat berkembang menjadi tumbuhan baru. Umbi batang adalah jenis umbi yang kaya akan karbohidrat kompleks seperti pati.

Contoh tanaman dengan umbi batang adalah kentang, talas, suweg, dan ubi jalar.

Baca juga: Umbi Lapis: Cara Berkembang Biak dan Contoh Tumbuhannya

Umbi lapis

Umbi lapis adalah umbi yang berkembang dari modifikasi daun. Daun-daun mengalami pembengkakan dan saling tumpang tindih membentuk struktur seperti bola.

Daun-daun tersebut memebentuk struktur seperti sisik berdaging yang merupakan tempat penyimpanan makanan.

Dilansir dari University of Illinois at Urbana-Champaign, umbi lapis memiliki penutup seperti kertas (dinamakan tunik) yang melindungi sisik berdaging dari kekeringan juga cedera mekanis.

Contoh tumbuhan dengan umbi lapis adalah tulip, daffodil, lili, eceng gondok, bunga bakung, bawang putih, bawang bombay, dan bawang merah.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com