Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Fohn: Pengertian dan Jenisnya

Kompas.com - 14/03/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Angin fohn termasuk angin lokal. Angin ini terjadi karena adanya gerakan massa udara yang naik pegunungan lebih dari 200 meter, lalu turun di sisi lainnya.

Jenis angin ini sering juga disebut angin terjun, atau angin jatuh kering karena sifatnya yang kering.

Pengertian angin fohn

Menurut Gatut Susanta dan Hari Sutjahjo dalam buku Akankah Indonesia Tenggelam Akibat Pemanasan Global? (2007), angin fohn adalah angin yang terjadi karena pergerakan udara dari lereng pegunungan menuju bawah.

Angin fohn juga dapat diartikan sebagai jenis angin gunung yang kering dan panas.

Wikimedia Commons (Tttrung) Ilustrasi pergerakan angin fohn

Dikutip dari buku Pengantar Meteorologi (2019) karangan Wiwit Suryanto dan Alutsyah Luthfian, angin fohn bersifat panas karena tingkat kelembapan yang dibawanya tergolong sedikit.

Ciri utama angin ini adalah bersifat panas dan kering, serta mengalir turun ke lereng atau punggung gunung.

Dilansir dari buku Energi Terbarukan (2016) karya Hamdi, angin fohn dapat merusak dan menimbulkan korban.

Tanaman yang dilalui angin ini bisa mati atau rusak. Pada manusia, angin ini bisa menurunkan daya tahan tubuh, sehingga rentan terkena penyakit.

Baca juga: Angin: Pengertian, Faktor, dan Jenisnya

Jenis angin fohn

Berikut beberapa jenis angin fohn:

Angin wambrau

Jenis angin lokal yang bersifat panas dan bertiup di wilayah Pulau Biak disebut angin wambrau. Angin ini termasuk angin fohn, sebab anginnya bertiup menuruni lereng pegunungan di kawasan Pulau Biak, Papua.

Angin bahorok

Angin ini muncul di daerah Deli Serdang. Angin bahorok termasuk angin fohn. Sifat anginnya panas dan kering. Tak jarang pula, jenis angin ini merusak perkebunan tembakau di kawasan Deli Serdang, Sumatera Utara.

Angin gending

Terjadi di kawasan Probolinggo, Jawa Timur. Seperti jenis lainnya, angin gending bersifat panas, kering, dan bisa merusak beberapa tanaman. Selain Probolinggo, angin gending juga sering terjadi di kawasan Pasuruan.

Angin kumbang

Terjadi di kawasan Cirebon, Jawa Barat. Sama seperti jenis angin fohn lainnya, angin kumbang juga bersifat panas dan kering. Selain Cirebon, angin kumbang juga sering terjadi di kawasan Tegal, Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com