Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keberagaman Budaya di Indonesia dan Contohnya

Kompas.com - 24/12/2021, 08:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Elmi Yuniarti, Guru SMPN 2 Juhar, Karo, Sumatera Utara

 

KOMPAS.com - Budaya menjadi salah satu kemajemukan yang dimiliki Indonesia. Apakah yang dimaksud dengan budaya atau kebudayaan?

Menurut Koentjaranigrat dalam Pengantar Antropologi I (1996), kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta Buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari Buddhi yang artinya “budi” atau “kekal”.

Sementara culture adalah kata asing yang berasal dari bahasa Latin colere yang berarti mengolah, mengerjakan, terutama yang berhubungan dengan pengolahan tanah atau bertani.

Jadi budaya merupakan sebuah sistem gagasan dan rasa, serta karya yang dihasilkan oleh manusia di dalam kehidupan bermasyarakat. 

Baca juga: Ancaman Integrasi Nasional Bidang Sosial Budaya

Perbedaan budaya di masyarakat

Faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan budaya masyarakat Indonesia yakni perbedaan lokasi dan perbedaan keyakinan.

Perbedaan budaya dapat dikenali melalui bentuk-bentuk pakaian tradisional, tarian daerah, rumah adat dan lain-lain.

Fungsi keberagaman budaya

Beberapa fungsi dari keberagaman budaya adalah:

Sebagai daya tarik bangsa asing 

Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata dari berbagai negara. Hal ini karena keberagaman budaya Indonesia yang menarik perhatian warga asing. Beberapa di antaranya seperti kebudayaan di Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan dan Papua.

Mengembangkan kebudayaan nasional

Kebudayaan nasional, suatu kebudayaan yang didukung oleh sebagian besar warga suatu negara dan memiliki syarat mutlak bersifat khas dan dibanggakan, serta memberikan identitas terhadap warga. 

Contohnya batik Indonesia. Sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi oleh Unesco.  

Baca juga: Sikap dan Perilaku Menghadapi Perubahan Sosial Budaya

Tertanamnya sikap toleransi  

Kekayaan budaya bangsa Indonesia merupakan tantangan untuk bersikap toleran. Keberagaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia semakin menambah kesadaran masyarakat bahwa pada hakikatnya manusia memiliki perbedaan.

Karena itu perbedaan adalah hal yang biasa, tidak perlu dipertentangkan. Kebudayaan bukan milik satu suku bangsa tapi milik seluruh rakyat Indonesia. 

Saling melengkapi hasil budaya

Kebudayaan sebagai hasil pemikiran dan kreasi budaya manusia tidak pernah sempurna. Keanekaragaman memberikan kesempatan untuk saling mengisi.

Berbagai daerah memiliki corak seni yang berbeda, dan apabila perbedaan tersebut berinteraksi akan menghasilkan inovasi budaya baru yang sangat berharga.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com