Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Makna Sila Kelima Pancasila dengan Simbolnya

Kompas.com - 24/11/2021, 16:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comSila kelima Pancasila disimbolkan dengan padi dan kapas, karena melambangkan dua hal yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup.

“Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”, merupakan bunyi sila kelima Pancasila. Sila ini bisa dimaknai bahwa seluruh masyarakat Indonesia, tanpa terkecuali, berhak mendapat keadilan di berbagai bidang kehidupannya.

Hubungan makna sila kelima Pancasila dengan simbolnya

Hubungan makna sila kelima Pancasila dengan simbolnya adalah padi dan kapas melambangkan dua kebutuhan utama yang harus dimiliki serta dipenuhi manusia agar bisa bertahan hidup.

Menurut Agus Wijaya dalam jurnal Peningkatan Hasil Belajar PKN pada Materi Pokok Makna dan Keterkaitan Simbol-simbol Sila Pancasila melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Kelas VI SDN Bandang Laok 2 Kokop Kabupaten Bangkalan (2019), padi dan kapas melambangkan sandang (pakaian) dan pangan (makanan) yang menjadi kebutuhan pokok setiap masyarakat Indonesia.

Baca juga: Hubungan Makna Sila Keempat Pancasila dengan Simbolnya

Padi dan kapas juga menjadi dua syarat utama untuk mencapai kemakmuran bangsa dan negara Indonesia, yang mana menjadi tujuan utama sila kelima Pancasila.

Dikutip dari buku Pancasila Satu-satunya Ideologi Bangsa Indonesia dan Amanat Pembukaan UUD 1945 Satu-satunya Landasan Konstitusional Negara Kesatuan Republik Indonesia (2021) karya Brigjen TNI (Purn.) Junias Marvel Lumban Tobing, dengan ketersediaan sandang dan pangan, masyarakat akan bisa bertahan dan hidup aman.

Selain itu, warna putih pada bagian belakang simbol padi dan kapas, bermakna jika keadilan sosial hanya bisa tercapai apabila keputusan yang diambil oleh para penyelenggara pemerintah dan negara, serta pemangku kepentingan, tepat sasaran, dan selalu mengutamakan kepentingan bersama atau masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com