Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Daftar Riwayat Hidup dan Contohnya

Kompas.com - 05/11/2021, 12:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam melamar pekerjaan, magang, masuk perguruan tinggi, melanjutkan kuliah, hingga masuk ke suatu organisasi, seringkali diminta daftar riwayat hidup. Apa yang dimaksud dengan daftar riwayat hidup?

Pengertian daftar riwayat hidup

Dilansir dari The Balance Careers, daftar riwayat hidup adalah dokumen yang bersikan informasi tentang sejarah pendidikan dan pekerjaan seseorang. Informasi yang tercantum dalam dafrat riwayat hidup dapat disesuaikan dengan tujuan pembuatannya.

Mengutip dari Encyclopedia Britannica, daftar riwayat hidup dapat berisi ringkasan rinci tentang latar belakang, gelar akademik, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, penelitian publikasi, presentasi dan kuliah, penghargaan juga prestasi.

Baca juga: Jenis-Jenis Biografi

Ada tiga jenis daftar riwayat hidup yaitu daftar riwayat hidup kronologi, daftar riwayat hidup fungsional, dan daftar riwayat hidup campuran. Berikut penjelasannya: 

  • Daftar riwayat hidup kronologis adalah daftar riwayat hidup yang paling umum dan paling sering digunakan. Daftar riwayat hidup kronologis berisikan riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, juga pengalaman, dan juga kemajuan karier seseorang secara runut.
  • Daftar riwayat hidup fungsional lebih menekankan keahlian juga keterampilan secara spesifik daripada riwayat pendidikan dan pengalaman. Daftar riwayat hidup fungsional menyampaikan keseluruhan keterampilan yang ditawarkan daripada kemajuan karier.
  • Daftar riwayat hidup gabungan adalah daftar riwayat yang menggabungkan format kronologis dan juga fungsional. Daftar riwayat gabungan menunjukkan pengalaman seseorang dan juga keterampilan yang dimilikinya secara rinci dan runut.

Daftar riwayat hidup harus ditulis dalam bahasa yang baku, ringkas, jelas, dan padat, sesuai dengan fakta (jujur), juga sesuai dengan tujuan pembuatannya. Daftar riwayat hidup juga dapat ditulis dalam bentuk narasi maupun lembar isian seperti formulir.

Baca juga: Apa itu Biografi Jurnalistik?

Contoh daftar riwayat hidup

Agar lebih memahami tentang daftar riwayat hidup, perhatikanlah contoh daftar riwayat hidup di bahwa ini!

Contoh daftar riwayat hidupKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Contoh daftar riwayat hidup

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com