Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Manusia Bisa Hidup dengan 1 Ginjal?

Kompas.com - 28/08/2021, 10:28 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tubuh manusia memiliki dua buah ginjal di bagian kanan dan kiri perut. Kedua organ tersebut berfungsi untuk menyaring darah.

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang esensial. Beberapa kondisi medis membuat ginjal seseorang rusak dan harus menjalani transplantasi ginjal.

Transplantasi ginjal dilakukan dengan mengambil satu ginjal orang lain dan mencangkokkan ke pada tubuh pasien yang membutuhka transplantasi.

Transplantasi ini membuat ginjal menjadi salah satu barang pasar gelap. Rumornya, satu ginjal dapat dihargai hingga 2,7 miliar rupiah.

Hidup dengan satu ginjal

Apakah manusia bisa hidup hanya dengan satu ginjal? Jawabannya, bisa. Meski begitu tetap ada syaratnya, yaitu ginjal tersebut berfungsi dengan baik. Satu ginjal dapat berfungsi sebagaimana dua ginjal pada tubuh.

Dilansir dari The National Kidney Foundation, ada kondisi di mana seseorang dilahirkan hanya dengan satu ginjal yang disebut dengan displasia ginjal.

Baca juga: Soal UAS Biologi: Organ dan Sistem Organ

Orang dengan displasia dilahirkan dengan dua ginjal, namun hanya satu ginjal yang berfungsi. Orang dengan kondisi tersebut bisa hidup dengan normal dan sehat.

Berdasarkan situs Healthline, satu ginjal menyaring cukup darah untuk menjaga tubuh anda berfungsi normal. Inilah mengapa manusia bisa hidup sehat hanya dengan satu ginjal.

Hanya satu ginjal yang berfungsi, membuat nefron (sel dalam ginjal yang berfungsi menyaring darah) menjadi lebih besar.

Disadur dari Scientific American, nefron mengkompensasi secara individual dengan meningkatkan ukuran (proses hipertrofi) untuk menangani beban ekstra. Membuat satu ginjal tersebut dapat menanggung fungsi dua ginjal dengan baik.

Namun, ginjal merupakan organ dalam yang rentan rusak. Ginjal dapat rusak karena tumor, kanker, dan cedera traumatis akibat kecelakaan. Kebanyakan komplikasi yang terjadi pada donor ginjal adalah masalah pada saat operasi dan kondisi tubuh lainnya.

Sehingga penting untuk menjaga kesehatan ginjal dengan menerapkan pola hidup sehat. Mengonsumsi cukup air putih, melindunginya dari cedera fisik, membatasi konsumsi alkohol, menjaga berat badan, menghindari obat-obatan berbahaya, serta memperhatikan asupan garam, protein, dan juga fosfor.

Baca juga: Cara Memelihara Organ Pernapasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com