Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Tumbuhan yang Menghasilkan Getah dan Duri

Kompas.com - 09/08/2021, 12:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ada lebih dari 200 ribu spesies tumbuhan yang hidup di muka bumi. Masing-masing spesies tumbuhan tidaklah sama namun memiliki ciri khasnya tersendiri. Beberapa tumbuhan memiliki ciri fisik yang menonjol seperti bunga yang besar, berwarna cerah, dan beraroma harum.

Namun ada juga yang memiliki ciri khusus berupa getah dan duri sebagai ciri khusus. Misalnya tumbuhan mawar dan lidah buaya yang memiliki duri, juga tumbuhan karet dan nangka yang memiliki getah untuk melindungi diri.

Mengapa duri dan getah dapat melindungi diri? Karena duri dan getah merupakan salah satu jenis mekanisme pertahanan diri tumbuhan dari hewan herbivore (pemakan tumbuhan).

Tumbuhan dengan duri

Absul Rashid War dan teman-teman dalam jurnal Mechanisms of Plant Defense Against Insect Herbivores (2012) menyebutkan tanaman herbivora memiliki mekanisme pertahanan berupa struktur tumbuhan sebagai garis pertahanan pertama terhadap hewan herbivora.

Baca juga: Adaptasi Tumbuhan: Definisi, Tujuan, Cara, Macam, dan Contohnya

Mekanisme pertahanan morfologi dapat berupa duri pada tumbuhan. Dilansir dari Lumen Learning, duri bisa terbentuk dari cabang yang dimodifikasi maupun daun yang dimodifikasi.

Yang pasti keduanya berperan untuk melindungi diri dari hewan yang bisa menyebabkan kerusakan fisik pada tumbuhan.

Contoh tumbuhan berduri untuk melindungi dirinya adalah mawar, kaktus, bugenvil, raspberry, blackberry, semak daun blackthorn, lidah buaya, agave, akasia, barberry, fuschia, holly, euphorbia milii (mahkota duri), aralia spinosa, rhubab raksasa, tomat landak, dan jeruk nipis.

Tumbuhan dengan getah

Bentuk mekanisme pertahanan struktur lain yang dimiliki tumbuhan adalah getah. Getah merupakan cairan yang dimiliki tumbuhan. Berdasarkan situs Insects in the City, tumbuhan memiliki dua jenis getah yaitu getah floem dan getah xilem.

Getah xilem terdiri dari air, mineral dan rendah nutrisi. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, getah floem membawa gula dari daun ke bagian lain sehingga lebih kaya nutrisi. Beberapa tumbuhan memproduksi banyak getah untuk mempertahankan diri dari hewan pemakan tumbuhan.

Baca juga: Jenis-Jenis Tanaman Australia

Contoh tumbuhan yang menggunakan getah untuk pertahanan diri adalah pohon karet, selada liar, palem merah, nangka, sukun, jeruk nipis, bunga poppy, bunga oleander, kelengkeng, maple, pinus, cedar, kenari, dan kayu ulin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com