Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tari Tortor, Tarian Tradisional Sumatera Utara

Kompas.com - 01/02/2021, 13:30 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Tari Tortor merupakan salah satu jenis tarian yang berasal dari provinsi Sumatera Utara.

Tari Tortor adalah jenis tarian purba dari masyarakat Batak Toba yang mendiami provinsi dengan ibukota Medan.

Dikutip dari buku Pemikiran Tentang Batak: Setelah 150 Tahun Agama Kristen di Sumatera Utara (2011) karya diedit oleh Bungaran Antonius Simanjuntak, Tortor Batak Toba sebagai tarian tradisional yang telah membudaya. Di mana mempunyai tempat dan kedudukan yang penting dalam kehidupan masyarakat adat.

Dalam setiap pelaksanaan adat, Tortor selalu digelar. Dalam pelaksanaan adat, baik yang berhubungan dengan kematian maupun peristiwa sukacita, tortor selalu diadakan.

Tari Tortor merupakan bagian penting dalam masyarakat adat Batak, yang memiliki nilai budaya dan nilai spiritual.

Melalui Tortor itulah masyarakat adat dapat menyatakan harapannya, doa, dan semua pergumulannya.

Peragaan sikap dan perasaan melalui tortor selalu menggambarkan kondisi dan situasi yang dialami.

Baca juga: Tari Gending Sriwijaya, Tarian Tradisional Khas Sumatera Selatan

Sehingga pelaksanaan tortot selalu memiliki sifat situasional. Hal tersebut dapat dilihat dalam jenis tortor itu sendiri, seperti ada Tortor Simonangmonang (tarian kemenangan), Tortor Sombasomba (tarian penyembahan), atau Tortor Habonaran (tarian kebenaran).

Gerak tari Tortor

Setiap tarian, baik tarian tradisional dan modern selalu merupakan media untuk mengekspresikan pesan-pesan moral dan nilai-nilai estetika seni yang indah.

Ekspresi itu dapat dilihat dari setiap gerak dan langgam tarian yang merupakan gambaran jiwa yang terkandung dalam tarian tersebut.

Gerak dan jiwa tarian bagaikan terurai melalui setiap gerakan dentuman langkah kaki dan gapaian tangan, jari jemari yang snagat sistematis dan harmonis sesuai dengan ajakan musik, gondang sabangunan yang mengiringi.

Keharmonisan suara gondang sabangunan dengan gerak dan jiwa pada tari Tortor Batak merupakan gambaran simbolis tentang keharmonisan ucapan dan tindakan, perilaku dan perbuatan, yang menjadi dambaan setiap orang Batak.

Baca juga: Tari Piring, Tarian Tradisional Khas Minangkabau

Berikut gerakan tari Tortor Batak:

  • Pangurdot

Pangurdot merupakan gerakan seluruh badan. Di mana pusat daya gerakannya bertumbuh pada telapak kaki dan tumit yang menopang seluruh gerakan berat badan sambil menggerakkan tubun ke atas dan ke bawah.

Ketika tubuh bergerak ke atas dan ke bawah mengikuti irama gondang, pada saat yang sama unjung telapak kaki juga bergerak perlahan ke kiri, kemudian ke kanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com