Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Biologi: Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Kompas.com - 26/11/2020, 21:18 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Soal UAS dan pembahasan faktor pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan:

Soal 1: Berikan 5 contoh pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan!

Jawaban:

Contoh perkembangan tumbuhan adalah embrio dan benih, perkecambahan dan perkembangan bibit, diferensiasi meristem atau perubahan sel menjadi fungsi khusus, perkembangan buah dan bunga, serta perkembangan enzim dan gormon pada tumbuhan.

Contoh pertumbuhan tumbuhan adalah pemanjangan akar, pertambahan tinggi cabang, bertambah besarnya cabang pohon, bertambahnya daun, bertambahnya dan membesarnya cabang.

Soal 2: Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan!

Jawaban:

Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor luar atau eksternal dan fator dalam atau internal.

Faktor eksternal terdiri atas faktor genetik dan faktor hormonal. Suatu tanaman akan sesuai dengan materi genetik dari induknya, benih apel hijau tidak akan tumbuh menjadi pohon apel merah dan sebaliknya. Faktor hormonal disebabkan oleh adanya hormon pertumbuhan seperti auksi, sitokinin, giberelin, dan etilen.

Baca juga: Soal UAS Biologi: Protista Mirip Hewan

Faktor eksternal pertumbuhan terdiri atas faktor air, suhu, kelembapan, cahaya dan nutrisi. Cahaya dibutuhkan untuk proses fotosintesis yaitu pembuatan makanan secara mandiri oleh tumbuhan.

Air diperlukan sebagai bahan baku fotosintesis juga sebagai pengisi sel-sel tumbuhan. Tumbuhan akan tumbuh dengan baik pada suhu yang sesuai. Jika suhunya terlalu panas ataupun terlalu dingin, karena akan menghambat proses matabolisme sel sehingga tumbuhan bisa mati.

Tumbuhan memerlukan nutrisi anorganik dari lingkungannya untuk menjalankan proses metaboliesme seperti nitrogen dan fosfor.

Kelembapan yang sesuai dibutuhkan oleh tumbuhan. Lotus tidak bisa tumbuh dilingkungan kering, namun kaktus akan membusuk jika ditanam pada lingkungan yang lembab.

Baca juga: Soal UAS Biologi: Protista Mirip Tumbuhan

Soal 3: Berikut ini faktor eksternal yang tidak memengaruhi pertumbuhan serta perkembangan tumbuhan adalah…

  1. Suhu udara
  2. Kelembapan
  3. Hujan asam
  4. Nitrogen bebas
  5. Mineral non esensial

Jawaban: Faktor eksternal yang tidak memengaruhi pertumbuhan serta perkembangan tumbuhan adalah E.

Suhu udara dan kelembapan sudah jelas merupakan faktor eksternal yang sangat memengaruhi tumbuha.

Nitrogen adalah salah satu nutrisi dari luar yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Hujan asam dapat menaikkan pH tanah, menjadikannya asam sehingga tumbuhan dapat mati. Mineral non esensial adalah mineral dari dalam tubuh sehingga tidak termasuk faktor eksternal.

Baca juga: Soal UAS Biologi: Protista Mirip Jamur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com