Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Biologi: Protista Mirip Jamur

Kompas.com - 26/11/2020, 17:40 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

Sumber Britannica

KOMPAS.com - Protista mirip dengan jamur. Namun portista tidak diklasifikasikan ke dalam kingdom fungi. Mengapa demikian? Simak pembahasan soal UAS mengenai protista berikut ini!

1. Jelaskan mengapa Protista mirip dengan jamur seperti jamur air dan jamur lendir tidak dimasukkan ke dalam kingdom fungi?

Jawaban:

Jamur air dan jamur lendir disebut Protista mirip jamur karena menghasilkan sporangium seperti jamur. Namun tidak dimasukkan kedalam kingdom fungi karena memiliki inti diploid sedangkan jamur asli memiliki inti haploid.

Jamur air dan jamur lendir juga tidak dimasukan kedalam kingdom fungi karena pada awalnya merupakan sel-sel hidup yang menyerupai amoeba atau disebut sel ameboid.

Sel-sel ameboid jamur air dan jamur lendir bersifat mikroskopis dan akan bergerak untuk mencari makan di lingkungan sekitarnya.

Kemudian saat lingkungannya mulai kekurangan bahan makanan organik, sel-sel hidup ini akan berkerumun dan membentuk tubuh buah atau sporangium yang mirip dengan jamur.

Protista mirip jamur terlihat menyerupai bentuk jamur, namun sejatinya itu adalah kumpulan ribuan insti sel Protista tanpa adanya dinding sel.

Baca juga: Ciri-ciri Protista

2. Jelaskan perbedaan antara Protista mirip jamur myxomycota dengan acrasiomycota!

Jawaban:

Myxomycota merupakan jamur lendir sejati yang tidak bersekat, sedangkan acrasiomycota adalah jamur lendir yang sporanya bersekat.

3. Apakah itu Oomycota? Sebutkan ciri-ciri dan contohnya!

Jawaban:

Oomycota atau jamur air adalah salah satu filum organisme mirip jamur di kingdom Protista, atau disebut dengan Protista mirip jamur.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, ciri-ciri oomycota yakni memiliki dinding yang terbuat dari selulosa bukan kitin, memiliki siklus hidup diploid, hidup di tubuh makhluk hidup yang membusuk, dapat hidup sebagai parasit pada tumbuhan tingkat tinggi, dapat melakukan repoduksi secara seksual maupun aseksual.

Contoh oomycota adalah Phytophthora infestans yang membuat daun tanaman kentang membusuk hingga menyebabkan kelaparan besar di Irlandia pada tahun 1845. Contoh lain oomycota adalah Saprolegnia, Plasmopara, Phytium, Aphanomyces, dan Albugo.

Baca juga: Protista yang Menyerupai Jamur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com